Doa Perlindungan

Fawaid At Tauhid

Doa Perlindungan

Dari Saad bin Abi Waqqash radhiyallahu‘anhu,dari Khaulah binti Hakim al-Sulamiah radhiyallahu‘anhā bahwa-sanya beliau mendengar Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam bersabda,“Apabila salah seorang diantara kalian turun (singgah) disuatu tempat (persinggahan seperti rumah dsb.) maka hendaknya membaca;

ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﻟﺘَّﺎﻣَّﺎﺕِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻖَ
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari keburukan (segala) makhluk ciptaan-Nya.
’(Ji-ka ia mengucapkannya) maka sungguh tidak ada sesuatupun yang (mampu) mencelakakannya hingga dia pergi darinya.”(HR Malik, Ahmad, al-Bukhari,Muslim dan ini adalah lafaznya (Muslim), al-Tirmidzi, dan al-Nasa’i)

Faedah hadis:

1.Khaulah binti Hakim al-Sulamiah adalah seorang sahabiah (wanita sahabat Nabi) yang salihah,istri dari Sahabat Usman bin Madh’un seorang lelaki yang saleh;radhiyallahu ‘anhumā.

2.Makna kalimat-kalimat Allah yang sempurna,Imam anNawawi rahimahullah berkata,“Maknanya yaitu kalimat-kalimat yang tidak masuk padanya kekurangan dan cacat,ada yang mengata-kan ia adalah (kalimat) yang bermanfaat serta mendatangkan kesembuhan,ada pula yang mengatakan (bahwa ia adalah) al-Qur’an,Allahu A‘lam (Allah yang lebih mengetahui kebena-rannya).

”3.Ibnu Abdil Bar (didalam kitab at-Tamhīd) berkata,“Termasuk fikih yang terkandung didalam hadis ini,bahwasanya Kalamullah (firman Allah) itu bukanlah makhluk,inilah yang disepakati oleh Ahlussunah,mereka adalah orang-orang yang
berpegang dengan hadis dan pendapat yang benar dalam hukum. Sekiranya firman atau kalimat-kalimat Allah itu makhluk niscaya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan memerintah seorang pun untuk meminta perlindungan kepada makhluk.”

4. Boleh me-ruqyah (membacakan ayat-ayat al-Qur’an) atas seorang yang sakit fisik ataupun psikis (mental).

5. Imam al-Qurthubi berkata, “Ini adalah hadis yang sahih dan ucapan yang benar, kami tahu kebenaran dalil dan percobaannya. Sungguh semenjak mendengar hadis ini, aku senantiasa mengamalkannya, maka tidak ada sesuatu pun mencelakan diriku sampai (suatu saat) aku meninggalkannya. Pada suatu malam aku disengat kalajengking, maka aku mengingat-ingat sendiri, ternyata aku lupa tidak berlindung dengan kalimat tersebut.”

6. Imam Ibnu Qayyim al-Jauziah rahimahullah berkata, “Obat-obatan alami yang datang dari Allah Ta‘ālā bermanfaat untuk segala penyakit, mencegah masuknya, kalaupun terjangkit maka tidaklah mencelakakan sekalipun terkadang mengganggu.”

Abu Abdillah M Yusron Al Jawiy Hafidzahullah

Komentar

  1. Thanks for share, semoga bermanfaat,.
    Kunjungi juga http://bit.ly/31lOlzB

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA