HIKMAH ADANYA WABAH, AGAR MANUSIA KEMBALI KEPADA ALLAH

**

Allah Ta'ala berfirman,
.
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَىٰ أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَأَخَذْنَاهُمْ بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ
.
Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.” (QS. Al-An'am : 42)

Dalam tafsir Al Imam Ibnul Jarir at-Thobari Rahimahullah, ketika menyebutkan ‎بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ, ‎بِالْبَأْسَاءِ ‎  yakni ujian yang ditimpakan kepada mereka berupa kemiskinan, kesempitan (dalam penghidupan), sedangkan ‎وَالضَّرَّاءِ yakni ujian yang ditimpakan kepada mereka berupa penyakit dan cacat yang menimpa tubuh. ‎لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ yakni agar mereka itu kembali kepada Allah (agar mereka itu tunduk kepada Allah), memurnikan ibadah hanya kepada Allah, dan mencintai Allah, merendahkan diri hanya kepada Allah dan hanya taat kepada Allah. Ini dalam tafsir at-Thobari dan tafsir Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat ini.

https://chat.whatsapp.com/ILMYjOMLewU66CIrHNB2pA

Artinya, Allah timpakan bencana atau wabah agar manusia kembali kepada Allah, agar manusia bertaubat kepada Allah, agar manusia meninggalkan kesyirikan, meninggalkan dosa dan maksiat. Dan juga kita melihat, diantara dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia sehingga Allah turunkan berbagai macam bencana termasuk wabah penyakit, karena kesombongan manusia dan keangkuhan manusia, kedzaliman manusia, kesyirikan manusia dan yang lainnya, sehingga Allah timpakan  itu. Kalau kita hitung dosa-dosa, ini banyak sekali. Lihat dalam kitab Al Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah dalam kitab ad Daa wa ad Dawa' (penyakit dan obatnya)

Dikutip dari kajian Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas "Sikap Seorang Muslim Dalam Menyikapi Wabah Virus Corona".

A#104 Silahkan dishare, inshaAllah mendapat pahala amal jariyah...

   ┅┅══✿❀❀✿══┅┅

Tulisan inspiratif seperti ini dibagikan di Grup WA *"Mulia Dunia Akhirat"*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA