Buah Manis Sifat Zuhud: Dicintai oleh Allah dan Disukai Orang Banyak

⛵๐ŸŒฑ Serial Hadits Kitabul Jamiสผ | Bab Zuhud dan Waraสผ (BAG. 7)

Hadits 6 | 
ูˆَุนَู†ْ ุณَู‡ْู„ِ ุจْู†ِ ุณَุนْุฏٍ ู‚َุงู„َ: ุฌَุงุกَ ุฑَุฌُู„ٌ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ๏ทบ ูَู‚َุงู„َ: ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ! ุฏُู„َّู†ِูŠ ุนَู„َู‰ ุนَู…َู„ٍ ุฅِุฐَุง ุนَู…ِู„ْุชُู‡ُ ุฃَุญَุจَّู†ِูŠ ุงู„ู„َّู‡ُ، ูˆَุฃَุญَุจَّู†ِูŠ ุงู„ู†َّุงุณُ. ูَู€ู‚َุงู„َ: ุงุฒْู‡َุฏْ ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูŠُุญِุจّูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُ، ูˆَุงุฒْู‡َุฏْ ูِูŠู…َุง ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู†َّุงุณِ ูŠُุญِุจّูƒَ ุงู„ู†َّุงุณُ. ุฑَูˆَุงู‡ُ ุงุจْู†ُ ู…َุงุฌَู‡، ูˆَุณَู†َุฏُู‡ُ ุญَุณَู†ٌ.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Rasulullah ๏ทบ, “Wahai Rasulullah! Tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang apabila aku kerjakan, maka Allah mencintaiku dan manusia juga mencintaiku.”

Beliau menjawab,

“Zuhudlah di dunia, maka Allah akan mencintaimu; dan zuhudlah dari yang ada pada manusia, maka mereka akan mencintaimu.” 

Hadits hasan. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah [4102]; sanadnya yang hasan.
————————————————————————
• Setelah membaca riwayat di atas, tentu hati tergerak untuk berusaha zuhud. Indah sekali kehidupan kaum yang dicintai oleh Allah ta‘ala.

Sebaliknya, tidak zuhud dan obsesi berlebihan kepada dunia dapat berdampak buruk untuk kita; salah satu dampak negatif terbesarnya ialah Allah jadi tidak mencintai kita. Sebab yang Allah cintai ialah hamba yang zuhud terhadap dunia.

• Mengupayakan langkah agar disukai oleh orang banyak adalah sesuatu yang baik. Tidak salah. [Fath Dzil Jalali wal Ikram, 15/182].

Yang penting caranya benar dan tidak menyimpang dari aturan syariat. Contoh cara yang salah adalah mencari penilaian baik manusia lewat ibadah; alih-alih untuk Allah, ibadahnya justru digunakan untuk pansos, agar pamornya naik di tengah masyarakat. Ini jelas salah!

Karena ibadah harus ikhlas. Tujuan ibadah hanya boleh ditujukan untuk Allah dan untuk meraih ridha Allah. Bukan untuk dunia.

‎✍ -- Hari Ahadi @ Kota Raja
————————————————————————
▶️ Mari ikut berdakwah dengan turut serta membagikan artikel ini, asalkan ikhlas insyaallah dapat pahala.
•••
๐Ÿ“ก https://t.me/nasehatetam
๐Ÿ–ฅ www.nasehatetam.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA