Sakinah

Nasihat Ust Ahmad Shalihin
*Sakinah* adalah tenang, tentram. Asal artinya adalah diam tak bergerak. Keluarga yang sakinah ialah keadaan suami istri yang saling menentramkan satu sama lain.
Untuk menggapai *sakinah* dalam berumah tangga Allah menganugerahkan *mawaddah* dan *rahmah*
*Mawaddah* adalah cinta yang melahirkan semangat dan gairah hidup. Seperti cinta dalam makna _eros._ Bisa juga dikatakan _cinta karena._ *Mawaddah* merupakan cinta Fitriah yang Allah berikan kepada setiap pasangan suami-istri yang berasal dari benih-benih cinta masing-masing (mahabbah). Energi cinta dari *mawaddah* akan terus berkurang , bahkan habis seiring berjalannya waktu.
*Rahmah* adalah cinta yang melahirkan kasih sayang, saling membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Seperti cinta dalam makna _philos._ Bisa juga dikatakan _cinta walaupun._ *Rahmah* merupakan _cinta kasbiyah,_ yang akan tumbuh jika benih-benih cinta (mahabbah) yang ada dipelihara dengan cara masing-masing bertanggung jawab terhadap pasangannya. Modal utamanya adalah kejujuran dan keterbukaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Maka ketika energi *mawaddah* berkurang atau habis. Energi *rahmah* telah tumbuh dengan kuatnya.
Semoga, rumah tangga kita sampai *_paketrok iteuk_* bahkan menjadi keluarga yang dimuliakan Allah di surga. _Aamiin_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA