Hadits Niat


🔴📀 Kajian Fiqih

📙 KITAB TAYSIIRUL 'ALAAM SYARH 'UMDATUL AHKAM
(Risalah al-Imam 'Abdul Ghani al-Maqdisi yang disyarah oleh Syaikh Abu 'Abdirrahman 'Abdullah bin 'Abdirrahman Alu Bassam)

🎙 Disampaikan oleh:
Al Ustadz Muhammad hafizhahullah


Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim)

✍🏻 Penjelasan secara global:

Hadits ini adalah hadits yang agung, dan kaidah yang mulia dari kaidah-kaidah Islam, bahkan termasuk qiyas yang shahih (benar) untuk menimbang amalan-amalan dari sisi diterima dan tidak diterimanya ibadah, serta dari sisi banyaknya pahala dan sedikitnya pahala.

» Kalimat (إنما) bermakna (تفيد الحصر) yakni mengurung sesuatu, menetapkan bahwa hukum amalan-amalan itu tergantung dengan niatnya.
» Niat, secara bahasa (القصد) tujuan dan makna secara syari'at yakni:
(العزم على فعل العبادة تقرّبًا الى اللّه تعالى)
Tekad seseorang untuk melakukan ibadah-ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ta'ala.

📑 Niat dalam syari'at dibahas dalam 2 pembahasan:

⑴ Aqidah: Ikhlas ibadah hanya untuk Allah dan tidak menyerahkannya untuk selain Allah, dan ini makna yang paling tinggi, dibahas oleh para ulama dalam bab aqidah dan tauhid, akhlak dan adab.
⑵ Fiqih: Untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lain, serta membedakan antara ibadah dan adat.

📥🔊 Simak faidah lainnya, klik: http://bit.ly/2svh0FZ
📄 PDF Taysiirul 'Alaam: https://goo.gl/oe7qVP

🖇 In Syaa Allah kajian berlanjut...

📝📚 Umdatul Ahkam
📟 Channel Telegram: t.me/umdatu_alahkam

◽️◽️◽️◽️◽️◽️◽️◽️◽️◽️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA