Buah Dari Ujian & Musibah Bagi Orang-orang Beriman

**

Setiap orang beriman pasti diuji dan diberikan cobaan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dalam kehidupannya. Namun yang paling penting ujian dan musibah tersebut tentu harus disikapi dengan kesabaran.

Allah subhanahu wa ta'ala sengaja melakukan demikian karena menginginkan kebaikan bagi mereka yakni agar orang-orang beriman meninggal dalam keadaan bersih dari dosa. Bukankah ini buah yang manis bagi kita? Tempat manakah selain surga yang akan dihuni orang-orang yang sudah bersih dari dosa?

Ujian pada harta, diri, keluarga dan agama adalah sunnatullah pada setiap orang beriman sampai mereka mati meningalkan alam dunia yang fana ini dalam keadaan bersih dari dosa.

Dosa-dosanya akan bersih karena diampuni oleh Allâh Azza wa Jalla. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَمَا يَبْرَحُ الْبَلَاءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِي عَلَى الْأَرْضِ وَمَا عَلَيْهِ مِنْ خَطِيئَةٍ

Ujian itu akan selalu menimpa seorang hamba sampai Allâh membiarkannya berjalan di atas bumi dengan tidak memiliki dosa
(Sunan at-Tirmidzi no.2398 , an-Nasâ’i di Sunan al-Kubrâ no. 7482 dan Sunan Ibn Mâjah no. 4523 (Hadits shahîh. Ash-Shahîhah no. 143).

Semoga setiap ujian dan musibah yang menimpa diri kita mampu kita hadapi dengan penuh kesabaran dan dengannya dosa-dosa kita pun diampuni serta layak menempati surga-Nya yang telah dijanjikan. Wal-'Llahul-Musta'an. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA