air 2 kulah

Rangkuman Kajian subulus salam tentang air 2 kulah di Tamhidul muballighin di Al Imarat bersama ust Rizky Abdurrahman.

 Aspek perbedaan ini adalah air 2 kulah bertentangan dgn hadits2 yg telah disebutkan. Adalah hadits istighazh (larangan memasukan tangan ke air ketika bangun tidur sblm mencucinya 3 kali)

Yg kedua tentang larangan buang air ke yg tergenang. Sesungguhnya sedikit najis menajiskan air yg sedikit. Tidak melihat jumlah air.

Dan demikianlah apabila anjing menjilat bejana maka bersihkanlah

Dan perintah wiraqah menentang penpadat 2 kulah. Dan juga ketika Arab gunung kencing di masjid maka Rasulullah menyuruh membanjurkan air. Ini membuktikan air yg sedikit bisa membersihkan najis air yg sedikit.

Sungguh telah suci masjid dgn air sedikit itu. Demikian hadits bahwa tidak bisa dinajiskan kecuali berubah salah satu sifatnya.

kesimpulan: dikumpulkannya hadits2 tersebut bahwa air (termasuk 2 kulah) tidak bisa dinajiskan dengan lafadz2 hadits2 tersebut sebelum berubah. Karena itu jauhilah najis yg menyebabkan warna, bau atau rasanya (ini yg menajiskan) dari air karena taabudinya (ibadah berdasarkan hadits2). Jadi itu hikmahnya yg memang itu tidak kita ketahui. Larangan hadits itu adalah makruh.

Teks Arab:

ووجه هذا الاختلاف تعارض الأحاديث التي أسلفناها: فإن حديث الاستيقاظ، وحديث الماء الدائم يقضيان: أن قليل النجاسة ينجس قليل الماء، وكذلك حديث الولوغ، والأمر بإراقة ماء ولغ الكلب فيه. وعارضها حديث بول الأعرابي، والأمر بصب ذنوب من ماء عليه؛ فإنه يقتضي أن قليل النجاسة لا ينجس قليل الماء. ومن المعلوم أنه قد طهر ذلك الموضع الذي وقع عليه بول الأعرابي بذلك الذنوب، وكذلك قوله: "الماءُ طَهورٌ لا ينجِّسُهُ شيء.

فقال الأولون وهم القائلون: لا ينجسه شيء، إلا ما غير أحد أوصافه: يجمع بين الأحاديث بالقول بأنه لا ينجسه شيء، كما دلّ له هذا اللفظ، ودلّ عليه حديث بول الأعرابي.

وأحاديث الاستيقاظ، والماء الدائم، والولوغ ليست واردة لبيان حكم نجاسة الماء، بل الأمر باجتنابها تعبدي، لا لأجل النجاسة، وإنما هو لمعنى لا نعرفه، كعدم معرفتنا لحكمة أعداد الصلوات ونحوها.

وقيل: بل النهي في هذه الأحاديث للكراهة فقط، وهي طاهرة مطهرة.

Ini kesimpulan saya. Moga2 bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA