PEMBAHASAN MENGENAI AQIQAH.

Anak Ya baru lahir adalah anugerah yang terindah dari Allah ta'ala, kita wajib bersyukur atas apa Allah telah berikan kepada kita. Rasulullah menyuruh para orang tua jika telah melahirkan anak tentunya mempunyai tanggung jawab terhadap anak yang telah dilahirkannya itu sebagai rasa syukur kepada Allah ta'ala.
HADITS SHOHIH;
RASULULLAH BERSABDA;
Dari Samurah bahwa Rasulullah bersabda: "Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, ia (anaknya) diaqiqahkan pada hari ke_7 dari hari kelahirannya, dicukur dan diberi nama."
Diriwayatkan oleh imam hadits yang 4).
Dari 'Aisyah bahwa Rasulullah memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan."
(kitab: Sunan Tirmidzi).

Sedangkan imam Baihaqi meriwayatkan hadits tentang aqiqah boleh di hari ke 21 dari hari kelahirannya namun haditsnya DHO'IF, dan para ulama ahli hadits menilai dho'if.
Yang shohih adalah di hari ke_7 dari hari kelahirannya. Karena aqiqah hukumnya tidak wajib maka bagi para orang tua yang mempunyai bayi baru lahir pas kebetulan tidak ada biaya, lebih baik tidak usah dipaksakan, sekiranya ada tetangga yang meminjamkan uang ya boleh diterima dan suatu data kalau ibu dan bapak ada rejeki wajib dibayar hutangnya.
Semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA