JAGALAH LISAN


Pernah melihat pisau operasi yang kecil namun tajam?
Tahukah engkau bahwa kita selama ini selalu membawa sesuatu yang lebih tajam dari pisau operasi?
Lisan kita sendiri!!
Betapa sering lisan ini mengeluarkan kata-kata yang tidak diridhoi Allah padahal kata-kata itu menceburkan ke dalam api neraka.
Betapa sering lisan ini menusuk dan merobek hati orang lain, sehingga membuat luka dalam yang teramat parah. Tidak sedikit peperangan yang berkobar karena lisan, tidak jarang tawuran yang terjadi karena lisan. Persahabatan juga bisa retak gara-gara lisan. Seorang suami menghancurkan rumah tangga yang dibangun bertahun-tahun dengan lisannya.
Seorang Istri bisa merusak rumah tangga karena salah lisan.
Anak durhaka kepada orang tuanya hanya karena ucapan "uff" dari lisannya.
Abu Thalib akhirnya mati kafir karena lisannya tidak mau mengucapkan laa ilaha illallah!
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengingatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka itu masuk neraka karena lisannya, beliau pernah berbicara dengan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu.
« أَلاَ أُخْبِرُكَ بِمَلاَكِ ذَلِكَ كُلِّهِ ». قُلْتُ بَلَى يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ فَأَخَذَ بِلِسَانِهِ قَالَ « كُفَّ عَلَيْكَ هَذَا ». فَقُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ وَإِنَّا لَمُؤَاخَذُونَ بِمَا نَتَكَلَّمُ بِهِ فَقَالَ « ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ يَا مُعَاذُ وَهَلْ يَكُبُّ النَّاسَ فِى النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ أَوْ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ إِلاَّ حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ »
“Maukah kuberitahukan kepadamu tentang kunci semua perkara itu?” Jawabku: “Ya Rasulullah”
Maka beliau memegang lidahnya dan bersabda, "Jagalah lisan” Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami dituntut karena apa yang kami katakan?”
Maka beliau bersabda “Celaka engkau, adakah yang menjadikan orang tersungkur mukanya atau batang hidungnya di dalam neraka, melainkan karena hasil ucapan lisan mereka?”
HR. Tirmidzi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA