Neraka Diharamkan Kepadanya

๐Ÿ‚๐Ÿ‚
๐ŸƒSahabat, tentu kita sebagai seorang manusia sering kali bermuamalah dan berurusan dengan sesama. Terkadang kita menjumpai seseorang mempermudah urusan kita, dan tentunya kita senang akan hal itu. Tapi terkadang kita pun menjumpai seseorang yang mempersulit urusan kita padahal ururusan tersebut hakikatnya mudah, dan tentunya kita tidak senang diperlakukan demikian.
๐ŸOleh karena itu sahabat, ketika engkau bermuamalah dengan orang lain maka permudahlah dan jangan engkau persulit. Ini adalah akhlak Islam yang mulia yang dengannya seorang muslim diharamkan neraka atasnya.
๐ŸŒพRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
ูŠَุณِّุฑُูˆุง ูˆَู„َุง ุชُุนَุณِّุฑُูˆุง ูˆَุณَูƒِّู†ُูˆุง ูˆَู„َุง ุชُู†َูِّุฑُูˆุง
☘️"Mudahkanlah setiap urusan dan janganlah kalian mempersulitnya, buatlah mereka tenang dan jangan membuat mereka lari." (HR. Bukhari No. 5660)
๐ŸŒพRasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
ุฃَู„َุง ุฃُุฎْุจِุฑُูƒُู…ْ ุจِู…َู†ْ ูŠَุญْุฑُู…ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุฑِ ุฃَูˆْ ุจِู…َู†ْ ุชَุญْุฑُู…ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ู†َّุงุฑُ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ู‚َุฑِูŠุจٍ ู‡َูŠِّู†ٍ ุณَู‡ْู„ٍ
๐ŸŒฑ“Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang orang yang diharamkan dari neraka atau neraka diharamkan atasnya? Yaitu atas setiap orang yang dekat (dengan manusia), lemah lembut, lagi memudahkan sesama." (HR. Tirmidzi No. 2412 - Shahih)
๐Ÿฅ€Semoga kita bisa memiliki akhlak yang mulia ini yang dengannya Allah ta'ala memberikan rahmatNya kepada kita untuk bisa memasuki surga dan menyelamatkan kita dari adzab neraka.
Wallahu a'lam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA