Allah SWT Menciptakan Siti Hawa Dari Salah Satu Tulang Rusuk Nabi Adam???


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Tentu kita sering mendengar hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim berikut ini:
"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan". (HR. Bukhari dan Muslim).
Kini akan kita tadabburi bersama, coba cermati sebentar, sebuah firman Allah di dalam Al-Qur'an Surat 4 An-Nisaa' Ayat 1:
"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan isterinya (Hawa); dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu". (Al-Qur'an Surat 4 An-Nisaa' Ayat 1).
Dari kedua petunjuk di atas menceritakan bahwa seorang perempuan (Hawa) diciptakan dari tulang rusuk laki-laki (Adam), dengan bahasa kerennya Costa (Tulang Rusuk). Nah yang sering jadi pertanyaan kita : >> Apakah benar wanita dari tulang rusuk pria? Bagian mana? >> Sebelah mana? >> Terus terkadang timbul pertanyaan yang aneh bin ajaib, berarti tulang rusuk laki-laki hilang satu dong!!! Di bagian mananya?
Nah teman-teman pastinya sudah belajar anatomi tubuh manusia baik pria ataupun wanita kan? Pernah nggak, dulu saat belajar teringat akan hadist di atas? Kalau ingat, berfikir nggak, untuk mengamati sedetail mungkin adakah Costa yang hilang? Ataupun setelah di amati pada guru besar (kadaver) kita pada salah satu costanya terdapat keganjilan? Kalau belum, coba deh buka dulu buku IPAnya atau mampir dulu ke Lab anatomi... He..he...
Oke langsung saja ya... Rasulullah SAW bersabda: "Nasehatilah perempuan dengan cara yang baik. Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian teratasnya. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasehatilah perempuan dengan cara yang baik". (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi).
Untuk lebih jelasnya, wanita terbentuk dari mana, cermati pula firman Allah di dalam Al-Qur'an Surat 30 Ar-Ruum Ayat 21:
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir". (Al-Qur'an Surat 30 Ar-Ruum Ayat 21).
Dari Surat Ar-Ruum sudah jelas bahwa perempuan terbentuk dari jenis yang sama dengan laki-laki, yaitu sesuai dengan Al-Qur'an Surat 23 Al-Mu'minuun Ayat 12-14:
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik". (Al-Qur'an Surat 23 Al-Mu'minuun Ayat 12-14).
Sudah jelas bahwa yang tercipta dari tulang rusuk laki-laki adalah Hawa seorang. Setelah tahu wanita terbentuk dari tanah, lalu mengapa hadist itu tetap bernyanyi di telinga kita, sampai-sampai kita mengumpamakan seorang laki-laki adalah sang pemilik tulang rusuk. Nah disini akan kita cermati tentang suatu kebenaran antara wanita dengan costa alias tulang rusuk.
Fakta antara sifat tulang rusuk dengan wanita berdasarkan anatominya. Costa yang terdiri dari 12 pasang, dibagi menjadi : --> 7 pasang tulang rusuk sejati --> 3 pasang tulang rusuk palsu, dan --> 2 pasang tulang rusuk melayang.
Dari sini seorang wanita yang muslimah, dalam hidupnya meniti jalan ke akhirat, akan terbagi menjadi tiga, yaitu : * Seorang muslimah yang sejati (sholeha, perwujudan cinta sejati karena Allah) * Seorang muslimah yang palsu (muslimah yang memalsukan kesholehannya) * Dan seorang muslimah yang melayang (muslimah yang dapat dengan mudah terbawa arus perkembangan zaman dalam artian yang sesungguhnya ghodzul fikr)
Bengkok = Sifat negatif...??? * Dari hadist di atas mengapa nabi mengungkapkan kalimat tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas? Itu artinya makin ke bawah akan makin kita temukan kebengkokannya semakin berkurang? Artinya Allah mengambil dari bahan tulang rusuk Adam yang paling sedikit kebengkokannya, sebagai bentuk ke Maha Tahuan Allah atas kelemahan kaum lelaki yang tentu akan sangat sulit apabila di amanahi untuk meluruskan bagian yang paling bengkok. Karena itu dipilihkan bagian terbawah, yang kebengkokannya paling sedikit agar upaya meluruskannya pun jauh lebih mudah. * Indahnya kata-kata Rasulullah yang menyebutkan agar kaum lelaki memperlakukan kaum perempuan dengan sebaik-baiknya. * Jika diluruskan sekaligus pasti akan mematahkannya namun apabila dia dibiarkan dalam keadaan bengkok maka mereka akan tetap dalam kebengkokannya (kenegatifannya, sifat wanita yang merusak). * "Barangsiapa yang dikaruniai oleh Allah wanita sholeha, maka dia telah dibantu dalam sebagian agamanya, maka bertakwalah pula kepada Allah dalam sisinya yang sebagian". Seorang laki-laki sholeh (1/2) yang beristerikan perempuan sholeha (1/2), berarti telah menggenapkan separuh dari agamanya. 1/2 + 1/2 = 1
Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada makna tersendiri wanita diciptakan dari tulang rusuk. Karena fungsi tulang dalam tubuh manusia tak ubahnya seperti fungsi wanita : - Tulang pipih : 2 lempengan keras yang menggambarkan wanita keras kepala terdiri dari tulang spon yang menggambarkan bahwa wanita terkadang rapuh dan isi sumsum tulang (pabrik eritrosit) sebagai perkembangbiakan, dan itu penting untuk generasi selanjutnya. - Tulang keras (osteon) : keras, kaku, dan yang paling penting wanita itu tahan banting. - Tulang lunak (fibrosa) : elastis, bisa berubah menyesuaikan diri tapi agak susah. - Osteoblas sebagai pembentuk, artinya wanita mempunyai peran pendidik anak sebagai madrasah pertama. - Osteosit (dewasa) : kepribadian matang sebagai penasihat. - Osteoklas (penghancur) : perusak peradaban / penggoda. - Sebagai penyokong : mendukung suami / keluarga, dibalik laki-laki hebat, ada seorang perempuan benar dibelakangnya, saling melengkapi. Penyokong memainkan peranan utama dalam gerakan yang sempurna. Penyokong yang baik memungkinkan organisme bergerak lebih lincah. - Beri bentuk tubuh : cantik dan good looking. - Pelindung organ dalam : pelindung harta, kerhomatan suami, dan pelindung anak-anak. - Respirasi : untuk bernafas, bagian vital, dimaksudkan seorang laki-laki tidak tahan hidup sendiri. - Sistem gerak : pendorong berjalannya ekonomi keluarga, partner kerja suami. - Perlekatan otot : tempat anak-anak bergantung, pemelihara anak. Allah telah memberikan kekuatan pada perempuan, karena ditangannya akan terlahir penerus keturunan. Anak yang baik terlahir dari kehebatan seorang ibu yang mengasuh dan membesarkannya. Di balik kesuksesan suami, ada isteri yang hebat yang mendampinginya. Sejatinya wanita harus di perlakukan dengan baik, agar jiwanya terbangun dengan kasih sayang dan kesabaran. Kasih dan sayang sepanjang waktu dalam mendampingi anak-anak dan keluarganya tanpa perasaan tersakiti. Sehingga di harapkan perempuan dapat menjalankan fungsinya dengan baik di dalam keluarga maupun masyarakat.
Begitu indahnya makna tulang rusuk bagi seorang wanita, sampai-sampai banyak hal yang dapat diceritakan. Maka dari itu sobat yang akhwat (cewek) agar waspada dan berhati-hati dalam menghadapi tipu muslihat yang diupayakan oleh musuh-musuh Islam untuk menjadikan kaum wanita sebagai perusak budi pekerti, akhlak yang luhur dan bernilai suci. Untuk sobat ikhwan (cowok), segera persiapkan bekal yang cukup untuk menghadapi kewajiban meluruskan wanita untuk menyempurnakan agama menjadi satu. Wajib bagi para wanita muslimah kembali pada kuadratnya sebagai wanita yang sholeha, wanita hakiki, isteri pujaan, dan sebagai ibu teladan bagi rumah tangga, agama dan negara. Menjadi COSTA VERA seutuhnya.
Semoga bermanfaat, Barakallohu fiikum...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA