SEMALAM BERSAMA AL-QUR’AN


Oleh: Ust. Adi Hidayat Lc, MA
Senin 25 Desember 2017 @MASJID_TSM
___________
MUQADIMMAH
Dari Abu Hurairah berkata, Rasulallah bersabda “orang terbaik diantara kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya” (HR. Bukhari : 799)
Annas bin Malik berkata, Rasulallah bersabda, “Ahlul  Qur’an (keluarga Al-Qur’an) adalah orang-orang yang termasuk dalam keluarga Allah” (HR. Ibnu Majjah)

ISI MATERI
A. Esensi al-Qur’an
1. Qs. Al-Baqarah (2) : 38
قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Kami berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”
(Qs. 2: 38)
> Saat Nabi Adam diturunkan ke bumi bersama dengan Hawa, diturunkan juga oleh Allah petunjuk kehidupan yang harus dipakai dalam kehidupan.
> Kata yang digunakan dalam Qs. 2:38 adalah HUDAN lalu diikuti dengan kalimat MAN yang bermakna seluruh manusia baik tua, muda, laki-laki, dan perempuan, setelah itu diikuti pula denga huruf FA yang memiliki makna seketika. Jika dibahasakan dengan Bahasa bebas maknanya adalah “siapapun yang mengikuti HUDAN maka seketika akan Allah berikan ketenangan dalam hidupnya serta tidak akan bersedih hati (senang)”

2.  Qs. Al-Baqarah: 155
Allah berfirman dalam Qs. Al-Baqarah : 155 وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,
(Qs. 2: 155)
> Jika kita mengikuti petunjuk dari Allah maka ujian-ujian di atas akan terasa ringan karena Allah mudahkan segala ujian tersebut dengan diberikan ketenangan dan kesenanganseperti dalam Qs. 2:38
> dalam Qs. 2:201 “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"
> Hudan juga disebut dengan:
- Wahyu , dalam Qs. 4:163 Nabi-Nabi terdahulu diberikan wahyu yang disebut juga dengan hudan

إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَىٰ نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ ۚ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا
Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya; Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Dawud.
(Qs. 4 : 163)

- Al-Qur’an, dalam Qs. 2:185 pada kalimat yang pertama, fungsi Al-Qur’an disebut juga dengan HUDAN (petunjuk).
> Bimbingan HUDAN semakin berganti generasi akan semakin sempurna. Maka yang terakhir turun adalah Al-Qur’an yang turun di bulan yang mulia serta di hari yang mulia sebagai petunjuk bagi seluruh manusia hingga kehidupan manusia berakhir.
Qs. 2:208 menjelaskan, jika kita sudah memeluk agama islam maka masuklah kedalam islam secara keseluruhan.
Jika orang-orang islam dekat dengan Qur’an maka akan terjadi kemajuan dalam kehidupan karena semua kehidupan petunjuknya ada di dalam Al-Qur’an. Oleh sebab itu orang-orang kafir selalu berusaha untuk menjauhkan orang muslimin dari Al-Qur’an sehingga umat muslimin mengalami kemunduran dalam kehidupan.

Dalam Qs. 7: 96 jika penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa kepada Allah yang sumbernya dari Al-Qur’an yang ditafsirkan melalui hadits maka Allah akan bukakan pintu keberkahan dari langit dan dari bumi.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.
(Qs. 7 : 96)

> Al-Qur’an menjadi special karena firman Allah. Kemuliaan itu adalah orang tetap membaca Al-Qur’an walaupun yang membacanya tidak tahu maknanya, lalu tidak ada yang bosan membaca Al-Qur’an hingga hari kiamat. Jangankan manusia, Jin saja sampai kagum terhadap Al-Qur’an seperti dala Qs. Al-Jin: 1-2
> semua kehidupan kita ada di dalam Al-Qur’an, oleh sebab itu kita mesti menghadirkan Al-Qur’an tersebut dalam kehidupan. Agar kita mudah dalam menghadirkan Al-Qur’an dalam kehidupan maka Allah pun memudahkan Al-Qur’an untuk dihafalkan.

B. Cara cepat menghafal al-Qur’an
1. Qs. 54: 17, 22, 32, 40 > Allah menyampaikan hingga 4 kali dengan diawali kalimat sumpahnya bahwasannya Al-Qur’an itu mudah untuk dihafal. Hal tersebut diulang-ulang bahkan hingga 4 kali karena terdapat hal yang sangat penting serta untuk meyakinkan manusia. Selain itu kalimat mudahnya menggunakan kata “yusrun” yang artinya mudah dengan semudah-mudahnya bukan dengan kata “sahlun” yang maknanya mudah hanya untuk sebagian orang. Oleh sebab itu yakinkanlah pada diri kita jika setiap kita akan menghafalkan Al-Qur’an bahwa Qur’an tersebut mudah dihafal.
Al-Qur’an akan menjadi mudah hanya untuk golongan ahli dzikir. Dzikir adalah segala aktifitas yang menjadikan kita dekat dengan Allah. Segala aktivitas yang ada dalam Al-Qur’an yang bersifat mendekatkan diri dengan Allah disebut juga dengan dzikir.
2. Qs. 2: 2
3. Qs. 75: 16-18 > Jangan cepat-cepat menggerakan lisan hanya untuk sekedar Al-Qur’an cepat di hafal. Biarkanlah Allah yang menanamkan Al-Qur’an pada diri kita.
4. Qs. 17: 45
5. Qs. 35: 32
6. Qs. 35:33
7. Qs. 52:21
8. Qs. 13: 23-24
9. HR. At-Tirmidzi: 2910, 2915, 2920
10. HR. Ibnu Majah: 215
11. HR. Bukhari: 4379
___________
Siaran ulang dapat di putar ulang atau di download di laman website :
www.akhyar.tv
www.youtube.com/channel/UCLgOKw4Xq1HdOW-aEejYBEg
www.facebook.com/akhyartv/
Bila ada kekeliruan dalam rangkuman ini mohon maaf dan bisa berikan masukannya ke WA 085864011124 (Hamas). Terimakasih :)

*#SatuShaf *adalah gabungan beberapa komunitas:
@Murabbians, DKM Ar Rahman KBP, DKM Al-Mujahadah GSR, MMB Kajian Darussalam, Yayasan Amanah Qur’an, @PemudaIstiqamah, @FunTalim, @MIM_Foundation, Muslim On Wheels

#bandung #bandungjuara #bandungbanget #bikersholeh #murabbians #pemudaistiqamah #funtalim #mim #kajian #kajianislam #kajiansalaf #infokajianbandung #persib #persibjuara #persib]bandung #persibday #maungbandung #akhyartv #madanitv #ammartv #bobotoh #bobotohpersib #satushaf #amanahquranindonesia #masjidtsb #muslimonwheels

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA