Syarat sahnya shalat (3)

[١٣:٣٤، ٢٠١٧/١٢/٢٢] Abu ar-Risalah: 🖌 Pelajaran Fiqih

Syarat Keempat – Raf’ul Hadats (menghilangkan  hadats),  ini  wudhu  yang  telah dikenal.  Yang  menjadikan  wudhu  wajib  adalah hadats,  syaratnya  ada  sepuluh:  (1)  Islam;  (2)  Aql (berakal);  (3)  Tamyiz;  (4)  Niat;  (5)  Mengikuti hukum-hukumnya  dan  seseorang  harus  berniat tidak  berhenti  sampai  dia  menyelesaikan  thaharah; (6)  Bersih  dari  hadats  yang  mewjibkan  wudhu,  (7) Membersihkan  kemaluan,  (8)  Air  suci  yang diperbolehkan  untuk  digunakan,  (9)  Bebas  dari segala  sesuatu  yang  dapat  menghambat  air menyentuh  kulit,  dan  (10)  Dilakukan  pada waktunya.

 Adapun  wajibnya  wudhu  ada  enam:  (1)  Membasuh muka,  termasuk  madmadah  (berkumur-kumur) dan  instishaaq  (menghirup  air  ke  hidung),  dan batasnya  adalah  memanjang  dari  tempat  batas tumbuhnya  rambut  di  kepala  sampai  ke  dagu,  dan melebar  dari  teliga  kanan  ke  telinga  kiri,  (2) Mencuci  tangan  sampai  dengan  (termasuk)  siku, (3)  Membasuh  seluruh  kepala,  (4)  Mencuci  kedua kaki  sampai  dengan  (termasuk)  mata  kaki,  (5) berturut-turut,  dan  (6)  Mawalat.3

Dalilnya adalah firman Allah:                                                                    

  “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,” (QS al-Ma’idah [5] : 6)

 Dalil melakukannya secara berturut-turut (ketika berwudhu) adalah hadits:                

  “Mulailah dengan apa yang Allah mulai dengannya.”4  Dalil muwalat adalah hadits mengenai seorang laki-laki yang meninggalkan bagian yang tidak terkena air. Diriwayatkan bahwa suatu kali Nabi melihat melihat seorang laki-laki yang meninggal-kan bagian yang tidak terkena air di kakinya seukuran keping dirham. Maka beliau                                              memerintahkan  orang  itu  untuk  kembali  dan mengulang  wudhunya.5
______
2. Hadits  shahih  diriwayatkan  oleh  Ahmad,  Abu  Dawud  dan  AlHakim.

3. Catatan  penterjemah    Muwalat  maksudnya  adalah  semua  tata cara  wudhu  dilakukan  dengan  tidak  berhenti  diantaranya  agar anggota  tubuh  yang  telah  dibasuh  sebelumnya  tidak  kering

4. Shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim dan An-Nasa’i.

5. Ibnu  Umar  meriwayatkan  dari  Abu  Bakar  dan  Umar  bahwa  mereka berkata,  “Pernah  datang  seorang  laki-laki  yang    telah  berwudhu,  dan dia  meninggalkan  bagian  seukuran  ibu  jari  di  atas  kakinya  yang tidak  terkena  air,  maka  Nabi  berkata  kepadanya:  “Kembalilah  dan sempurnakan  wudhumu.”  Maka  dia  melakukannya.”  (HR  AdDaruquthni).

 Catatan:

 Mengenai Kumur-kumur dan istinsyaq menurut Syaikh  Muhammad At Tamimi adalah wajib karena bagian dari muka.

Sedangkan dalam sifat Wudhu Nabi dikatakan sunnah karena tidak disebut dalam Qs AlMaidah: 6.

Keduanya pendapat yang bisa diterima. Berdasarkan kesarihan ayat.

Wallahu a'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA