Aljazairy semoga Husnul Khatimah

Afwan telat kasih kabar, semoga bermanfaat.
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
- Penulis Kitab “Minhajul Muslim”, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi Tutup Usia -
Madinah - Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, dosen Universitas Islam Madinah meninggal dunia pada Rabu (15/08/2018) di usia 97 tahun karena penyakit yang diderita. Demikian menurut laporan situs Alkhaleejonline.
Menurut surat kabar “Sabaq” Arab Saudi, shalat jenazah akan dilakukan pada sore hari di Masjid Nabawi. Jenazahnya akan dimakamkan di kuburan Baqi.
Syaikh Al-Jazairi didiagnosa menderita penyakit pneumonia berat tahun lalu. Saat itu ia dilarikan Rumah Sakit Muhammad bin Abdul Aziz untuk menerima perawatan.
Kabar wafatnya langsung mengemuka di media sosial. Netizen menggunakan #وفاه_الشيخ_ابوبكر_الجزايري untuk menyampaikan bela sungkawa serta mendoakannya.
Syaikh Abu Bakar Jabir bin Musa bin Abdul Qadir bin Jabir adalah nama lengkapnya. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Abu Bakar Al-Jazairi.
Lahir pada tahun 1921 di desa Lira dekat Tulaqa yang terletak di negara bagian Baskara selatan Aljazair, Syaikh Al-Jazairi dikenal sebagai seorang hafidz Quran dan hafal matan-matan Lughah dan fikih Maliki.
Ia berpindah ke kota Baskara untuk belajar ilmu-ilmu referensial dan logika dan akhirnya menjadi pengajar di salah satu sekolah swasta. Setelah beberapa lama, ia pindah ke kota Madinah bersama keluarganya.
Di Masjid Nabawi ia belajar ilmu syar’i dengan para ulama dan masyayikh. Dari sini ia mendapatkan sertifikat untuk mengajar di sebuah masjid di Makkah Al-Mukarramah. Di sana ia mengajar tafsir dan hadits serta ilmu syar’i lainnya.
Syaikh juga mengajar di berbagai sekolah milik Kementerian Saudi, selain di Darul Hadits Madinah. Ia juga termasuk dosen senior dan pertama di Universitas Islam Madinah ketika pertama kali dibuka. Ia mengajar di dalamnya hingga pensiun.
Ia menjadi pengajar di Masjid Nabawi selama 50 tahun. Karya-karya dan keilmuan Syaikh Al-Jazairi dikenal luas. Salah satu yang fenomenal adalah kitab yang ia tulis berjudul “Minhajul Muslim” yang tersebar di negara-negara Arab, hingga ke Nusantara.
Sumber: alkhaleejonline
Semoga Allah 'Azza wa Jalla merahmati beliau, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi rahimahullah.
اَللّـــــــــــهُمَّ اغْفِرْلَه وَارْحَمْه وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْه وَأَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ مَدْخَلَه وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّه مِنَ الْخَطَايَا كَمَايُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِه وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارَِ
آمِـــــــــــيْنَ يَا مُجِيْبَ السَّائِـــــــــــلِيْنَ
#minhajulmuslim
#platformformuslims
#syaikhabubakarjabiraljazairi
#madinah
#sunnahcompany

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA