Hari2 Tasyriq


باب النهي عن صوم العيدين وأيام التشريق
Bab Terlarangnya shaum dua hari raya dan hari-hari Tasyriq
Penerjemah: Dian Hardiana
عن أبي سعيد : ( عن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أنه نهى عن صوم يومين يوم الفطر ويوم النحر ) - متفق عليه . وفي لفظ لأحمد والبخاري : ( لا صوم في يومين ) ولمسلم : ( لا يصح الصيام في يومين )
Dari Abu Sa’id: Dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau melarang shaum dua hari raya, yaitu hari fithri dan hari nahri (adlha)”.-Mutaffaq ‘Alaih. Dan pada satu lafadz riwayat Ahmad dan Bukhari: “Tidak ada (tidak sah) shaum di duahari raya”. Dan riwayat Muslim: “Tidak sah shaum di duahari raya”.
وعن كعب بن مالك : ( أن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم بعثه وأوس بن الحدثان أيام التشريق فناديا أنه لا يدخل الجنة إلا مؤمن وأيام منى أيام أكل وشرب ) - رواه أحمد ومسلم اب تَحْرِيمِ صَوْمِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ-
Dan dari Ka’ab bin Malik: Bahwa rasulullah SAW mengutusnya dan Aus bin Hadatsan pada hari Tasyriq. Kemudian keduanya menyeru bahwasanya tidak akan masuk syurga kecuali yang beriman, dan hari-hari Mina (hari tasyriq) adalah hari-hari makan dan minum.-HR.Ahmad dan Muslim, Bab diharamkannya shaum pada hari-hari tasyriq-
وعن سعد بن أبي وقاص قال : ( أمرني النبي صلى الله عليه وآله وسلم أن أنادي أيام منى أنها أيام أكل وشراب ولا صوم فيها يعني أيام التشريق ) - رواه أحمد
Dan dari Sa’ad bin Abi Waqash dia berkata: Telah memerintahkanku Nabi SAW supaya aku menyeru tentang hari-hari Mina, bahwasanya itu adalah hari-hari makan dan minum dan tidak ada shaum (tidak sah) pada hari-hari itu, yaitu hari-hari tasyriq-HR.Ahmad-
وعن أنس : ( أن النبي صلى الله عليه وآله وسلم نهى عن صوم خمسة أيام في السنة يوم الفطر ويوم النحر وثلاثة أيام التشريق ) - رواه الدارقطني
Dan dari Anas: Bahwa Nabi SAW melarang shaum lima hari dalam satu tahun, yaitu hari fithri, hari nahri (adlha), dan tiga hari tasyriq.-HR.Daruquthni-
وعن عائشة وابن عمر قالا : ( لم يرخص في أيام التشريق أن يصمن إلا لمن لم يجد الهدي ) - رواه البخاري . وله عنهما أنهما قالا : ( الصيام لمن تمتع بالعمرة إلى الحج إلى يوم عرفة فإن لم يجد هديا ولم يصم صام أيام منى )
Dan dari ‘Aisyah dan Ibnu Umar keduanya berkata: “Tidak diberi rukhsah pada hari-hari tasyriq untuk dilakukan shaum kecuali bagi yang tidak mendapati hadyu (tamathu’).-HR.Bukhari-. dan pada riwayat Bukhari dari kedua sahabat tadi bahwasanya keduanya berkata: “Shaum itu bagi yang bertamaththu’ umrah kepada haji sampai hari ‘arafah, maka jika dia tidak mendapati hadyu dan tidak shaum, maka dia shaum pada hari-hari Mina”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA