Penjelasan Hadits di Bab 4


๐Ÿ“š Syarah Shahih Bukhari

๐Ÿ“–

Dari Nabi Shollallahu alaihi wa Salam bersabda : “Seorang Muslim adalah yang kaum Muslimin lainnya selamat dari lisan dan tangannya”. Seorang Muhajir (orang yang hijroh) adalah orang yang hijroh (pindah/meninggalkan) semua yang dilarang Allah”.

1. Nabi Shollallahu alaihi wa Salam menjelaskan bahwa gangguan berasal dari lisan dan tangan, tidak menyebutkan anggota tubuh yang lain, dikarenakan kedua anggota tubuh ini yang sering digunakan untuk menyakiti orang lain.

2. Didahulukan lisan daripada tangan, karena lisan yang sering dan lebih mudah digunakan dalam menyakiti orang lain, bahkan gangguan yang dihasilkan oleh lisan lebih menyakitkan dan lebih lama sembuh daripada dengan tangan atau anggota tubuh lainnya.

3. Hadits ini juga menunjukkan agar lisan kita tidak gampang menuduh orang lain tanpa hak.

4 . Diantara gangguan lisan adalah fitnah-fitnah yang keji kepada seseorang untuk menjatuhkan kehormatannya, padahal Allah berfirman :  “Dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan”. (QS. Al Baqoroh : 191)

5. Adapun Hijroh telah berlalu penjelasannya. Disini Rosulullah Shollallahu alaihi wa Salam menyebutkan hijroh dari salah satu maknanya, yaitu setiap Muslim dituntut untuk selalu memperbaiki amalannya sampai ia mencapai derajat keimanan yang tinggi dengan meninggalkan perbuatan yang haram, mengharap ridho Robbnya.    “dan perbuatan dosa tinggalkanlah”, (QS. Al Mudatsir : 5).

๐Ÿ’ญ In syaa Allah akan dilanjutkan ke Bab 5, Baarakallahu fiikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA