PRINSIP AKIDAH ISLAM


📚 Syarah Ushulul Iman

📖

Aqidah Islam dasarnya adalah Rukun-rukun iman yaitu iman kepada Allah, iman kepada para Malaikat, iman kepada kitab-kitab-Nya, iman kepada para Rasul-Nya, iman kepada hari akhir, dan iman kepada takdir yang baik dan yang buruk.

 Dasar-dasar ini telah  dijelaskankan oleh Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya  🁲.

 Allah berfirman dalam kitab sucinya: “Bukanlah menghadapkan  wajahmu ke  arah timur  dan  barat  itu  suatu kebaktian,  akan  tetapi sesungguhnya  kebaktian itu  ialah beriman kepada Allah, hari  kemudian, para  Malaikat, kitab-kitab  dan nabi-nabi…”  ( QS. Al-Baqarah : 177).

 Dalam masalah takdir, Allah berfirman: “Sesungguhnya  Kami menciptakan segala sesuatu  menurut  takdir  (ukuran), dan perintah  Kami hanyalah  satu  perkataan seperti kejapan mata.”  (QS. Al-Qomar: 49-50).

 Nabi bersabda disaat menjawab pertanyaan Malaikat jibril tentang iman :
 “Iman adalah: engkau beriman kepada Allah, para Malaikat, kitab-kitab, para Rasul-Nya, hari kemudian, dan beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.”(HR. Muslim ).

Diambilnya perkara-perkara iman sebagai prinsip Aqidah Islam yakni Istilah “iman” digunakan untuk menyebut Ilmu Aqidah dan meliputi seluruh masalah I’tiqadiyah. Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa yang kafir terhadap iman, maka terhapuslah (pahala) amalnya.” (QS. Al-Maidah:5)

 Kata “iman” di sini berarti tauhid.
(Lihat Al-Wujuh wa An-Nadho’ir fi Al-Qur’an Al-Karim, DR. Sulaiman Al-Qar’awi, hal. 187)

💭 In syaa Allah selanjutnya akan dibahas mengenai makna-makna iman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA