JANGAN PERNAH KAU SIA-SIAKAN


Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
ﺇﺫﺍ ﺩﺧَﻞ ﺭﻣﻀﺎﻥُ ﻓُﺘِّﺤَﺖْ ﺃﺑﻮﺍﺏُ ﺍﻟﺠﻨﺔِ ﻭﻏُﻠِّﻘَﺖْ ﺃﺑﻮﺍﺏُ ﺟﻬﻨَّﻢَ ﻭﺳُﻠﺴِﻠَﺖِ ﺍﻟﺸﻴﺎﻃﻴﻦُ
"Apabila datang bulan Ramadhan, pintu Surga dibuka, pintu Jahannam ditutup dan syaitan pun dibelenggu."
(HR. Bukhari no. 3277, hadits dari Abu Hurairah)
Dibukanya pintu Surga bisa berarti bahwa Allah Ta'ala membuka pintu hati manusia untuk mudah melakukan berbagai ketaatan yang menggiringnya ke Surga..
Ditutupnya pintu Neraka bisa berarti bahwa Allah ta'ala memalingkan hati, mata dan telinga hamba-Nya dari hal buruk yang dapat menghantarkannya ke Neraka..
Adapun dibelenggunya syaitan bisa berarti bahwa Allah ta'ala melemahkan kekuatan syaitan untuk menggoda manusia. Dimana ketika syahwat itu ditahan, maka syaitan-syaitan pun akan terbelenggu..
Yang malas beribadah, akan kembali sadar..
Yang semangat beribadah, akan terus bertambah..
Yang lalai berdzikir, akan semangat berdzikir..
Yang malas ke masjid, akan rajin ke masjid..
Ramadhan adalah kesempatan untuk memperbanyak doa dan mengetuk pintu langit, karena ia saat yang mustajab untuk dikabulkannya doa..
Tidak ada yang dapat mengetahui betapa agungnya hari-hari tersebut kecuali orang-orang yang telah kehilangan darinya, yaitu para penghuni kubur..
Seandainya Allah Ta'ala mentakdirkan bagi para penghuni kubur untuk dikeluarkan dari kuburnya, niscaya mereka akan berkata :
"JANGAN PERNAH ENGKAU SIA-SIAKAN SATU DETIK PUN DARI HARI-HARI DI BULAN RAMADHAN..."
Semoga manfaat
Sumber : Ustadz Najmi Umar Bakkar
Notes: Mereka ingin berdzikir kepada Allah, bertasbih, atau bertahlil walau sekali saja. Namun mereka tidak lagi diijinkan untuk itu. Kematian serta-merta memupuskan segala angan-angan tersebut. Allah ta’alaberfirman mengenai mereka
> ﺣَﺘَّﻰ ﺇِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَ ﺃَﺣَﺪَﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕُ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺏِّ ﺍﺭْﺟِﻌُﻮﻥِ ‏( ٩٩ ‏) ﻟَﻌَﻠِّﻲ ﺃَﻋْﻤَﻞُ ﺻَﺎﻟِﺤًﺎ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺗَﺮَﻛْﺖُ ﻛَﻼ ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﻛَﻠِﻤَﺔٌ ﻫُﻮَ ﻗَﺎﺋِﻠُﻬَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﻭَﺭَﺍﺋِﻬِﻢْ ﺑَﺮْﺯَﺥٌ ﺇِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﻳُﺒْﻌَﺜُﻮﻥَ ‏( ١٠٠ )
“Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (Qs Al Mukminun: 99-100)
Twitter IslamDiaries
IG @DiariesImage
Telegram Channel IslamDiaries
Tube DiariesVision
FB Islam Diaries

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA