Nasihat bagi mereka yang takut makar orang kafir


📝

 Saudaraku, telah Allah berikan janji kepada hamba-hambaNya bahwa Dia akan selalu menolong umat ini bagaimanapun adanya. Bila seorang Mu'min mengetahui dan mentadabburi makna-makna ini maka ia tidak akan pernah khawatir. Termasuk dari makar orang kafir maka ia yakin Allah akan menolongnya. Sehingga timbullah rasa optimis dalam diri, tatkala terjepit Allah akan menolongnya. Bila saja umat ini dikatakan lemah, Allah akan menguatkannya. Bila saja umat ini butuh, Allah akan mencukupkannya. Bila saja umat ini mundur, Allah akan memajukannya.

Tafsir Depag

*pertolongan selalu kepada umat islam*

Dan sesungguhnya telah tetap janji Kami kepada hamba-hamba Kami yang menjadi rasul, (QS. 37:171)
(yaitu) sesungguhnya mereka itulah yang pasti mendapat pertolongan.(QS. 37:172)
Ash Shaaffaat 171 - 172
ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺳَﺒَﻘَﺖْ ﻛَﻠِﻤَﺘُﻨَﺎ ﻟِﻌِﺒَﺎﺩِﻧَﺎ ﺍﻟْﻤُﺮْﺳَﻠِﻴﻦَ ‏( 171 ‏) ﺇِﻧَّﻬُﻢْ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﻤَﻨْﺼُﻮﺭُﻭﻥَ ‏( 172 )
Allah SWT menjelaskan bahwa janji Allah telah terbukti kebenarannya bahwa Rasul-rasul yang diutus sebelum Muhammad yang disebutkan dalam surat ini mendapat pertolongan dari Allah terhindar dari kesewenangan musuh-musuhnya. Mereka terlepas dari pembunuhan, penculikan dan pengusiran karena pertolongan Allah.
Allah SWT berfirman:
ﺇﻧﺎ ﻟﻨﻨﺼﺮ ﺭﺳﻠﻨﺎ ﻭﺍﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮﺍ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻳﻮﻡ ﻳﻘﻮﻡ ﺍﻷﺷﻬﺎﺩ
Artinya:
Sesungguhnya Kami menolong Rasul-rasul kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (Hari Kiamat) (Q.S. Al Mu'min: 51)
Ash Shaaffaat 173
Dan sesungguhnya tentara Kami itulah yang pasti menang. (QS. 37:173)
ﻭَﺇِﻥَّ ﺟُﻨْﺪَﻧَﺎ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﻐَﺎﻟِﺒُﻮﻥَ ‏( 173 )
Kemudian Allah SWT menegaskan bahwa bala tentara Allah yang terdiri dari Rasulullah dan pengikut-pengikutnya yang beriman, pasti mendapat kemenangan. Para Rasul itu diberi kemampuan untuk memimpin kaumnya, terlepas dari noda-noda kemusyrikan, menjadi umat yang beragama tauhid, dan mampu membina kehidupan yang penuh perjuangan untuk menegakkan kebenaran, sehingga mereka menjadi orang-orang yang sejahtera di dunia dan bahagia di akhirat.
Allah SWT berfirman:
ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻠﻪ ﻷﻏﻠﺒﻦ ﺃﻧﺎ ﻭﺭﺳﻠﻲ ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻗﻮﻱ ﻋﺰﻳﺰ
Artinya:
Allah telah menetapkan: "Aku dan Rasul-rasul Ku pasti menang". Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Q.S. Al Mujadilah: 21)

Rujukan:
📚Tafsir Depag dengan penambahan dari penulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA