*JIKA NANTI IED FITRI*


*๐ŸŒดInfo Kajian Ramadlon๐ŸŒด*
         _*Bagian 45*_
๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ๐Ÿฅ



*Takbiran*
~~~~~~~~~

Rasulullah saw. mensunahkan takbiran pada hari raya, sejak keluar dari rumah untuk menuju tempat salat,

ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ูƒَุงู†َ ูŠَุฑْูَุนُ ุตَูˆْุชَู‡ُ ุจِุงู„ุชَّูƒْุจِูŠْุฑِ ูˆَุงู„ุชَّู‡ْู„ِูŠْู„ِ ุญَุงู„َ ุฎُุฑُูˆْุฌِู‡ِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุนِูŠْุฏِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْูِุทْุฑِ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุงู„ْู…ُุตَู„َّู‰

_“Dari Ibnu Umar sesungguhnya Nabi saw. bertakbir dan bertahlil (menyebut laa ilaha illallah) dengan suara keras dari mulai keluar hendak pergi salat iedul fitri hingga sampai ke lapang.”_ HR. Al-Baihaqi


ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒَุงู†َ ูŠَุฎْุฑُุฌُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْูِุทْุฑِ ูَูŠُูƒَุจِّุฑُ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุงู„ْู…ُุตَู„َّู‰

_“Sesungguhnya Rasulullah saw. keluar pada hari iedul fitri dengan bertakbir hingga sampai di lapang.”_ HR. Ibnu Abu Syibah.

Dalam riwayat lain dengan redaksi:

ูƒَุงู†َ ูŠَุบْุฏُูˆْ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู…ُุตَู„َّู‰ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ูِุทْุฑِ ุฅِุฐَุง ุทَู„َุนَุชِ ุงู„ุดَّู…ْุณُ، ูَูŠُูƒَุจِّุฑُ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِู‰َ ุงู„ู…ُุตَู„َّู‰ ุซُู…َّ ูŠُูƒَุจِّุฑُ ุจِุงู„ู…ُุตَู„َّู‰ ุญَุชَّู‰ ุฅِุฐَุงุฌَู„َุณَ ุงู„ุฅِู…َุงู…ُ ุชَุฑَูƒَ ุงู„ุชَّูƒْุจِูŠْุฑَ

_“Ibnu Umar berangkat pagi-pagi menuju mushala (tanah lapang) pada hari iedul fitri apabila terbit matahari, maka beliau bertakbir sehingga mendatangi mushala dan terus beliau bertakbir di mushala itu, sehingga apabila imam telah duduk beliau meninggalkan takbir.”_ HR. As-Syafi’I. [19]

ูˆَู‚َุงู„َ ุงู„ุญَุงูƒِู…ُ : ูˆَู‡َุฐِู‡ِ ุณُู†َّุฉٌ ุชُุฏَุงูˆِู„ُู‡َุง ุฃَุฆِู…َّุฉُ ุงَู‡ْู„ِ ุงู„ุญَุฏِูŠْุซِ ูˆَุตَุญَّุชْ ุจِู‡ِ ุงู„ุฑِّูˆَุงูŠَุฉُ ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ูˆَุบَูŠْุฑِู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ุตَّุญَุงุจَุฉِ.

_Dan Al-Hakim Mengatakan, “Ini adalah sunah yang digunakan oleh para ahli hadis, dan sahih tentang ini riwayat dari Abdullah bin Umar dan lain-lain dari kalangan sahabat.”_

Adapun takbiran semalam suntuk pada malam Idul Fitri tidak ada dalilnya. Pada umumnya berdasarkan penafsiran terhadap Surat al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi;

ูˆَู„ِุชُูƒْู…ِู„ُูˆุง ุงู„ุนِุฏَّุฉَ ูˆَู„ِุชُูƒَุจِّุฑُูˆْุง ุงู„ู„ู‡َ ุนَู„َู‰ ู…َุง ู‡َุฏَุงูƒُู…ْ ูˆَู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุดْูƒُุฑُูˆْู†َ

Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu supaya kamu bersyukur.

Hemat kami, ayat di atas tidak tepat dijadikan landasan bertakbiran malam ied, bahkan tidak ada kaitan dengan takbiran malam hari raya semalam suntuk, apalagi melalui cara berkeliling dengan berbagai tetabuhan yang menimbulkan kegaduhan dan kebisingan.

Juga bersandar kepada hadis sebagai berikut

ู…َู†ْ ุฃَุญْูŠَุง ู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ูِุทْุฑِ ูˆَู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ุฃَุถْุญَู‰ ู„َู…ْ ูŠَู…ُุชْ ู‚َู„ْุจُู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุชَู…ُูˆْุชُ ุงู„ู‚ُู„ُูˆْุจُ.

_“Barang siapa bangkit (bangun) pada malam Fithri dan malam Adha, tidak akan mati hatinya di kala hati orang-orang menjadi mati.”_

Kata Imam al-Haitsami, redaksi di atas diriwayatkan oleh At-Thabrani dalam kitabnya al-Mu’jam al-Kabir dan al-Mu’jam al-Awsath.

Namun yang kami temukan dalam al-Mu’jam al-Awsath dengan redaksi berikut:

ู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ูِุทْุฑِ ูˆَู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ุฃَุถْุญَู‰ ู„َู…ْ ูŠَู…ُุชْ ู‚َู„ْุจُู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุชَู…ُูˆْุชُ ุงู„ู‚ُู„ُูˆْุจُ

_“Barang siapa shalat pada malam Fithri dan malam Adha, tidak akan mati hatinya di kala hati orang-orang menjadi mati.”_ HR. Ath-Thabrani.

Menurut para ahli hadis, hadis ini adalah hadis Mawdhu (palsu). Artinya hadis ini dibuat atas nama Rasulullah, karena di dalam sanad hadis ini terdapat seorang rawi bernama Umar bin Harun As-Tsaqafi Al-Balkhi. Umar bin Harun As-Tsaqafi dinilai pendusta (kadzdzab) oleh para ahli hadis, antara lain Yahya bin Main, guru Imam al-Bukhari.

Sehubungan dengan itu Syekh al-Albani menilai hadis di atas sebagai hadis palsu (mawdhu’).

Adapun bertakbir pada Iedul Adha sesuai petunjuk Sunnah dilakukan sejak subuh 9 Dzulhijjah hingga ashar 13 dzulhijjah.

ุนَู†ْ ุนَู„ِูŠٍّ ูˆَุนَู…َّุงุฑِ ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…… ูˆَูƒَุงู†َ ูŠُูƒَุจِّุฑُ ู…ِู†ْ ูŠَูˆْู…ِ ุนَุฑَูَุฉَ ุจَุนْุฏَ ุตَู„ุงَุฉَ ุงู„ْุบَุฏَุงุฉِ ูˆَูŠَู‚ْุทَุนُู‡َุง ุตَู„ุงَุฉَ ุงู„ْุนَุตْุฑِ ุขุฎِุฑَ ุฃَูŠَّุงู…ِ ุงู„ุชَّุดْุฑِูŠْู‚ِ

_Dari Ali dan Ammar sesungguhnya Nabi saw… dan beliau bertakbir sejak hari Arafah setelah salat shubuh dan menghentikannya pada salat Ashar di akhir hari tasyriq (13 Dzulhijjah)._ HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi.

Membacanya tidak terus menerus, melainkan bila ada kesempatan, baik ketika berkumpul di masjid atau di rumah masing-masing atau berbagai kesempatan lainnya, sebagaimana diamalkan oleh Ibnu Umar:

ูˆَูƒَุงู†َ ุงุจْู†ُ ุนُู…َุฑَ  ูŠُูƒَุจِّุฑُ ุจِู…ِู†ู‰ً  ุชِู„ْูƒَ ุงْ ู„ุฃَ ูŠَّุงู…َ ูˆَุฎَู„ْูَ ุงู„ุตَّู„َูˆَุงุชِ ูˆَ ุนَู„َู‰  ูِุฑَุงุดِู‡ِ ูˆَ ูِูŠْ ูُุณْุทَุงุทِู‡ِ ูˆَ ู…َุฌْู„ِุณِู‡ِ ูˆَ ู…َู…ْุดَุงู‡ُ  ุชِู„ْูƒَ ุงْู„ุฃَูŠَّุงู…َ ุฌَู…ِูŠْุนًุง

_“Ibnu Umar pernah bertakbir di Mina pada hari-hari itu (Tasyriq) setelah shalat (lima waktu), di tempat tidurnya, di kemah, di majelis dan di tempat berjalannya pada hari-hari itu seluruhnya.” _ HR. Al-Bukhari secara mu’allaq (tanpa sanad) dan Ibnu al-Mundzir
๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA