Materi Muqaddimah Keutamaan Menuntut Ilmu Bag.1

๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ

๐Ÿ“– BERBAGI FAIDAH

Oleh: Abdullah
Grup: 204N
Umur: 24
Asal: Bandung


Diantara karunia yang sangat besar adalah nikmat ilmu
Allah ๏ทปberfirman:

.....ูˆَุนَู„َّู…َูƒَ ู…َุง ู„َู…ْ ุชَูƒُู†ْ ุชَุนْู„َู…ُ ۚ ูˆَูƒَุงู†َ ูَุถْู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู„َูŠْูƒَ ุนَุธِูŠู…ًุง

Dan (juga karena) Allah ๏ทป telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah ๏ทป sangat besar atasmu.
QS. Annisa: 113

Kalimat karunia Allah ๏ทป sangat besar atasmu setelah Allah ๏ทป menyebutkan karunia dalam bentuk ilmu, maka ayat ini menunjukkan bahwa diantara sebesar-besarnya karunia Allah ๏ทปatas hamba-Nya adalah nikmat ilmu.

Nikmat Allah ๏ทป sangatlah besar, perlu kita ketahui kemampuan kita bersyukur kepada Allah ๏ทป itu merupakan nikmat yang Allah ๏ทป berikan yang wajib kita syukuri.

Imam Syafi'i ุฑَุญِู…َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ dalam kitabnya Ar Risalah mengatakan :

"Segala puji hanya milik Allah nikmatnya tidak bisa di syukuri kecuali dengan nikmat darinya, karenanya orang yang mensyukuri nikmat mendapatkan nikmat lain yang wajib ia syukuri"

Artinya adalah kemampuan kita bersyukur kepada Allah ๏ทป itu merupakan nikmat yang Allah ๏ทป berikan yang wajib kita syukuri.

Menuntut ilmu Agama adalah sebaik-baiknya kesibukan bagi seorang muslim. Bahkan menuntut ilmu Agama adalah kewajiban bagi Muslim sebagaimana yang di katakan oleh Nabi Muhammad ๏ทบ:

ุทَู„َุจُ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูَุฑِูŠุถَุฉٌ ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ู…ُุณْู„ِู…ٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”

Oleh karena itu mempelajari ilmu Agama, menjelaskan ilmu Agama yakni ilmu yang betul betul bersumber dari Alquran dan Sunnah dengan pehamaman para sahabat Nabi, dengan pemahaman para Tabi'in, para Tabi'ut Tabi'in itu merupakan bagian dari Jihad di jalan Allah ๏ทป

Semoga dalam belajar ini kita termasuk pada Sebuah Hadits Nabi Muhammad ๏ทบ:

ูˆَู…َู†ْ ุณَู„َูƒَ ุทَุฑِูŠู‚ًุง ูŠَู„ْุชَู…ِุณُ ูِูŠู‡ِ ุนِู„ْู…ًุง، ุณَู‡َّู„َ ุงู„ู„ู‡ُ ู„َู‡ُ ุจِู‡ِ ุทَุฑِูŠู‚ًุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ،

Barangsiapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju Surga.

Kita menuntut ilmu Agama bukan untuk menjadi seorang Ustadz, bukan untuk di puji orang lain, bukan untuk mendapatkan perkara-perkara dunia, tapi kita menuntut ilmu Agama karena kita ingin masuk syurga dan menuntut ilmu Agama adalah jalan termudah untuk jalan menuju syurga sebagaimana hadits di atas.
_____
Grup WhatsApp Belajar Islam

๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA