Sunah sunah yang di tinggalkan

HASMI DEPOK
Bismillah
#menggenggamsunnahdizamanfitnah
*
3.Makan dan Minum dengan tangan Kanan
Banyak sekali kaum muslimin yang meniru budaya kafir. sehingga mereka tidak memperhatikan masalah adab. diantranya budaya makan dan minum dengan tangan kiri. Padahal Rosululloh Aholallohu 'alaihi wa salam bersabda:
َ"إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ، وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ." أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.
“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah makan dengan tangan kanannya. Dan apabila minum hendaklah dengan tangan kanannya juga, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).
dari hadis di atas jelaslah sudah bahwa Rosululloh sholallohu 'alaihi wa salam melarang kita untuk makan dan minum dengan tangan kiri, karena itu perbuatan setan, padahal setan itu adalah seburuk buruk contoh. Dan setan itu tempatnya di neraka.
Rosululloh juga bukan hanya melarang umatnya makan dan minum dengan tangan kiri, akan tetapi beliau sholallohu 'alaihi wa salam juga melarang umatnya makan dan minum sambil berdiri sebagaimana terdapat dalam hadis:
قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم : "لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا." أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.
Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Sungguh janganlah salah seorang dari kalian minum sambil berdiri.” (HR. Muslim).
Semoga Alloh Subhnahu wa ta'ala memberikan kemudahan kepada kita untuk dapat melaksanakan sunah sunah nabi-Nya Sholallohu 'alaihi wa salam.
wallohu'alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA