MENYEMBELIH UNTUK SELAIN ALLAH ADALAH KESYIRIKAN

Intisari Tauhid [34]

Allah Ta’ala berfirman:
قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ
“Sesungguhnya shalatku, penyembelihanku, serta hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb alam semesta, tiada serikat bagi-Nya. Demikian itulah yang diperintahkan kepadaku, dan aku adalah orang yang pertama berserah diri (kepada-Nya).’.” [Al-An’âm: 162-163]

Allah memerintah Nabi-Nya untuk mengatakan kepada orang-orang musyrikin, yang menyembah selain Allah dan menyembelih untuk selain Allah, “Sesungguhnya aku mengikhlaskan untuk Allah: shalatku, sembelihanku, dan segala hal berupa keimanan dan amal shalih yang aku hidup dan mati di atas hal itu. Semua hal itu kutujukan kepada Allah semata, dan aku tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, bertolak belakang dengan sesuatu berupa kesyirikan yang kalian berada di atas (kesyirikan) tersebut.”
Faedah Ayat
1. Bahwa menyembelih untuk selain Allah adalah syirik besar karena Allah menggandengkan (penyebutannya di dalam ayat) dengan shalat. Sebagaimana, seseorang yang mengerjakan shalat untuk selain Allah berarti dia telah berbuat kesyirikan, demikian pula orang yang menyembelih untuk selain Allah berarti dia telah berbuat kesyirikan.
2. Bahwa shalat dan menyembelih termasuk sebagai ibadah yang paling agung.
3.Kewajiban untuk ikhlas kepada Allah dalam semua peribadahan.
4.Bahwa ibadah-ibadah adalah tauqifiyyah -yaitu hanya bergantung pada perintah pembuat syariat- berdasarkan firman Allah Ta’âlâ, “Demikian itulah yang diperintahkan kepadaku.”
[Diringkas dari Kitab Penjelasan Ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]
___
dzulqarnain.net
fb.com/dzulqarnainms
telegram.me/dzulqarnainms
twitter.com/dzulqarnainms
instagram.com/dzulqarnainms

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA