*LIMA SYARAT UKHUWAH*.


WAWASAN  250.


Ukhuwah (persaudaraan atau persatuan) didalam suatu komunitas, sangat diperlukan. Bagi umat Islam hal ini sangat dibutuhkan, terutama dalam  menghadapi tantangan global, yang kadang-kadang situasinya tidak bersahabat dengan Islam.

Ada lima (5) persyaratan yang harus dipenuhi agar *ukhuwah Islamiah* dapat terwujud.

*1. IMAN DAN TAKWA*.

Iman dan takwa, merupakan pijakan untuk bersaudara, karena itu sesama mukmin seharusnya bersaudara,  dan persaudaraan itu harus didasari oleh *iman dan takwa*. Allah swt berfirman yang artinya :

*Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat*.
(QS. al Hujurat: 10).

*Teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa*.
(QS. az-Zukhruf : 67)

*2. IKHLAS KARENA ALLAH*.

Keikhlasan kepada Allah, menjadi persyaratan dalam membangun ukhuwah, karena dengan itu, persaudaraan menjadi sejati, sebagaimana firman Allah yang artinya :

*"Dan tidaklah terpecah-pecah orang-orang Ahli Kitab, melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata. Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan agama), dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)*.
(QS. al-Bayyinah : 4-5).

*3. TERIKAT DENGAN KETENTUAN AL-QUR'AN*.

Bila tidak ada yang mau terikat dengan ketentuan Al-Qur'an, tidak bisa terwujud ukhuwah Islamiyah, sebagaimana Allah swt berfirman :

*"Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara*.
(QS. Ali-Imran : 103)

*4. SALING BERTAUSIYAH*.

Ukhuwah Islamiyah akan terwujud, manakala diantara sesama mukmin mau saling *ber-tausiyah*, atau nasihat menasihati satu sama lain, seperti firman Allah swt yang artinya :

*"Demi masa, Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, dan mengerjakan kebajikan, serta saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran*.
(QS. al-'Asr : 1-3).

*5. KERJASAMA DALAM KEBENARAN*.

Dalam ukhuwah, diperlukan kerjasama  yang baik, antar sesama muslim, karena hal itu menjadi persyaratan untuk terwujudnya persatuan dan dan persaudaraan. Dalam hal ini Allah swt berfirman yang artinya :

*"Dan tolong- menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa,  dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan*.
(QS. al-Maa'idah : 2).

Semoga dapat kita mengamalkannya.

Terima kasih, Wassalam Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA