Waktu - waktu shalat dalam hadits (2)


๐Ÿ–Œ Pelajaran Fiqih

๐Ÿ“š

Dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda: ُุฏْู‚َูˆ ِุณْู‡ُุธّู„ุง ุงَุฐِุฅ ْุฏَู„ุงَุด ُุณْู…َุดّู„ุง َูƒَูˆَู†ุง ُู„ِุธ ِู„ُุฌَุณู„ุง ِู‡ِู„ู‰ُุทَู… ุงَู… ْู…َู„ ْุณُุถْุญَูŠ ُุณْุตَّุนْู„ุง ُุฏْู‚َูˆَูˆ ِุณْุตَّุนْู„ุง ุงَู… ْู…َู„ َุณَูْุตَّุฐ ُุณْู…َุดّู„ุง ُุฏْู‚َูˆَูˆ ِุฌุงَู„َّุต ِุจِุณْุบَู…ْู„ุง ุงَู… ْู…َู„ ْุฉِุบَูŠ ُู‚َูَุดّู„ุง ُุฏْู‚َูˆَูˆ ِุฌุงَู„َّุต ِุกุงَุดِّุนْู„ุง ًَู„ِุฅ ِูْุตِّูˆ ِู„ْูŠَู„ّู„ุง ِุทَุณْูˆَุฃْู„ุง ُุฏْู‚َูˆَูˆ ِุฌุงَู„َّุต ِุญْุซُุตّู„ุง ْู‡ِู… ِุนู‰ُู„ُّุท ِุณْุฌَูْู„ุง ุงَู… ْู…َู„ ْุนُู„ّْุทَุฐ ُุณْู…َุดّู„ุง ุงَุฐِุฆَู ْุฏَุนَู„َّุท ُุณْู…َุดّู„ุง ْู„ِุณْู…َุฃَู ْู‡َุน ِุฌุงَู„َّุตّู„ุง ุงَู‡َูˆِุฆَู ُุนُู„ّْุทَุฐ َู‡ْูŠَุช ْูŠَูˆْุณَู‚ ٍู†ุงَุทْูŠَุด

“Waktu shalat zhuhur adalah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang seperti panjangnya selama belum tiba waktu shalat ashar. Waktu shalat ashar adalah selama matahari belum menguning. Waktu shalat maghrib adalah selama mega merah (syafaq) belum menghilang. Waktu shalat isya` hingga tengah malam. Dan waktu shalat shubuh adalah semenjak terbit fajar selama matahari belum terbit. Jika matahari sudah terbit, maka janganlah melaksanakan shalat, sebab dia terbit di antara dua tanduk setan.” (HR. Muslim no. 612)

 Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiallahu anhu dia berkata: َู†ุงَู… ُูŠِุซَู‰ู„ุง ًَู„َّุต ُู‡َู„ّู„ุง َุนِู‡ْูŠَู„ َู…َู„َّุณَูˆ ูŠِู„َّุตُّูŠ َุญْุซُุตّู„ุง ุงَูˆُุฏَุญَุฃَูˆ ُูِุณْุนَูŠ ُู‡َุณูŠِู„َّุฌ ُุฃَุณْู‚َูŠَูˆ ุงَู‡ูŠِู ุงَู… َู‡ْูŠَุช َู‡ูŠِุฑِุณู„ุง ًَู„ِุฅ ِุญَุฆุงِู…ْู„ุง ูŠِู„َّุตُّูŠَูˆ َุณْู‡ُุธّู„ุง ุงَุฐِุฅ ْุฏَู„ุงَุด ُุณْู…َุดّู„ุง َุณْุตَّุนْู„ุงَูˆ ุงَูˆُุฏَุญَุฃَูˆ ُุฉَู‡ْุฑَูŠ ًَู„ِุฅ ًَุตّْู‚َุฃ ِุญَู‰ูŠِุฏَู…ْู„ุง َุนَุฌَุฒ ُุณْู…َุดّู„ุงَูˆ ٌุญَูŠَุญ ُุฏูŠِุณَูˆَูˆ ุงَู… َู„ุงَู‚ ูŠِู ِุจِุณْุบَู…ْู„ุง ุงَู„َูˆ ูŠِู„ุงَุซُูŠ ِุณูŠِุฎْุฃَุฑِุช ِุกุงَุดِّุนْู„ุง ًَู„ِุฅ ِุซُู„ُّุซ ِู„ْูŠَู„ّู„ุง “

Bahwa Nabi melaksanakan shalat shubuh, dan salah seorang dari kami dapat mengetahui siapa orang yang ada di sisinya. Dalam shalat tersebut beliau membaca antara enam puluh hingga seratus ayat. Beliau shalat Zhuhur saat matahari sudah condong (ke barat). Beliau shalat ‘Ashar dalam keadaan seandainya salah seorang dari kami pergi ke ujung kota kemudian dia kembali maka matahari masih terasa panas sinarnya. Dan aku lupa apa yang dia katakan berkenaan dengan shalat Maghrib. Dan beliau sering mengakhirkan pelaksanaan shalat ‘Isya hingga (awal) sepertiga malam.” (HR. Al-Bukhari no. 541 dan Muslim no. 461)  

Dari Jabir radhiallahu anhuma dia berkata: َู„َุฃَุณ ٌู„ُุฌَุฒ َู„ู‰ُุณَุฒ ِู‡َู„ّู„ุง ًَู„َّุต ُู‡َู„ّู„ุง ِู‡ْูŠَู„َّุน َู…َู„َّุณَูˆ ْู‡َุน ِุฏูŠِู‚ุงَู‰َู… ِุฌุงَู„َّุตّู„ุง َู„ุงَู‚َู ِู„َุต ูŠِุนَู… ًَู„َّุตَّู َุณْู‡ُุธّู„ุง َู‡ูŠِุญ ْุฏَุบุงَุด ُุณْู…َุดّู„ุง َุณْุตَّุนْู„ุงَูˆ َู‡ูŠِุญ َู†ุงَู… ُุกْูŠَู ِู„ُู… ٍุกْูŠَุด ُู‡َู„ّْุซِู… َุจِุณْุบَู…ْู„ุงَูˆ َู‡ูŠِุญ ْุฏَุชุงَุบ ُุณْู…َุดّู„ุง َุกุงَุดِّุนْู„ุงَูˆ َู‡ูŠِุญ َุจุงَุบ ُู‚َูَุดّู„ุง َู„ุงَู‚ َู…ُุซ ًَู„َّุต َุณْู‡ُุธّู„ุง َู‡ูŠِุญ َู†ุงَู… ُุกْูŠَู ِู†ุงَุณْูˆِุฆْู„ุง ُู‡َู„ّْุซِู… َุณْุตَّุนْู„ุงَูˆ َู‡ูŠِุญ َู†ุงَู… ُุกْูŠَู ِู†ุงَุณْูˆِุฆْู„ุง ِู‡ْูŠَู„ّْุซِู… َุจِุณْุบَู…ْู„ุงَูˆ َู‡ูŠِุญ َู†ุงَู… َู„ْูŠَุซُู‚ ِุญَุชู‰ُุซْูŠَุบ ِู‚َูَุดّู„ุง ِุกุงَุดِّุนْู„ุงูˆ ًَู„ِุฅ ِุซُู„ُّุซ ِู„ْูŠَู„ّู„ุง “Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang waktu shalat. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab ” Shalatlah bersamaku”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat Zhuhur saat matahari tergelincir, shalat Ashar ketika bayangan setiap benda seperti benda aslinya, shalat Maghrib tatkala matahari telah terbenam, dan shalat Isya’ ketika mega merah di langit telah lenyap. Laki-laki tersebut berkata, “Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (keesokan harinya) shalat Zhuhur ketika bayangan manusia seperti aslinya, shalat Ashar ketika bayangan orang menjadi dua kali lipat, shalat Maghrib ketika menjelang hilangnya mega merah dan  shalat Isya hingga (awal) sepertiga malam.” (HR. An-Nasai no. 513 dan selainnya, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Irwa` no. 249)

In syaa Allah akan dilanjut dengan mendetailkannya

Baarakallahu fiikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA