Waktu Shalat shubuh (2)


๐Ÿ–Œ Pelajaran Fiqih

 ๐Ÿ“–

Awal waktunya adalah saat terbitnya fajar dan akhirnya adalah ketika matahari terbit, berdasarkan hadits Abdullah bin Amr bin Al-Ash -radhiyallahu anhuma- di atas. Fajar yang dimaksud di sini adalah fajar kedua atau yang dikenal dengan fajar shadiq. Yaitu cahaya putih yang membentang dari utara ke selatan di ufuk timur dan setelah munculnya maka sedikit demi sedikit langit akan terang. Dalam shalat subuh ini, disunnahkan untuk mengerjakannya di waktu ghalas(masih gelap) dan inilah yang diamalkan oleh Nabi -alaihishshalatu wassalam-.

 Dari Abu Mas’ud Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu dia berkata:
“Rasulullah  sekali  waktu  shalat  subuh  pada  waktu  ghalas  lalu  pada  kali  lain  beliau  mengerjakannya  di waktu  isfar  (sudah  agak  terang  tapi  matahari  belum  terbit,  pent.).

 Kemudian  shalat  subuh  beliau  setelah itu  beliau  kerjakan  di  waktu  ghalas  hingga  beliau  meninggal,  beliau  tidak  pernah  lagi  mengulangi pelaksanaannya  di  waktu  isfar.”  (HR.  Abu  Dawud  no.  394  dan  dinyatakan  hasan  oleh  Al-Albani  dalam Shahih  Abi  Dawud)

 Dan beliau  juga  bersabda  dalam  hadits  Rafi’  ibnu  Khadij  dia  berkata:
 Aku  pernah  mendengar  Rasulullah  bersabda:
ِ ُ"Lakukanlah  shalat  fajar  hingga  kalian  selesai  darinya  pada  saat  isfar  (sudah  terang)    karena  hal  itu  lebih memperbesar  pahala.”  (HR.  At-Tirmizi  no.  154  dan  dinyatakan  hasan  oleh  Al-Albani  dalam  Shahih  Sunan At-Tirmizi)

 Yakni:  Kerjakanlah  shalat  subuh  di  waktu  ghalas  lalu  perpanjanglah  bacaan  agar  kalian  selesai  darinya saat  isfar.

 Karenanya  disebutkan  dalam  hadits  Abu  Barzah  di  atas  bahwa  Nabi  -alaihishshalatu  wassalam- membaca  60  sampai  100 ayat  dalam  shalat  subuh.

In syaa Allah kita lanjutkan ke penjelasan waktu shalat dzuhur

Baarakallahu fiikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA