*Kadar Iman dan Mengenal Malaikat (2)*


๐Ÿ“š Syarah Ushulul Iman

๐Ÿ“– Beriman kepada Malaikat



Iman kepada Malaikat mencakup empat hal:

1.  Mengimani wujud (keberadaan) mereka.

2.  Mengimani mereka yang kita kenali namanamanya, seperti Jibril, dan juga mengimani secara global Malaikat yang tidak kita kenal nama-namanya.

3.  Mengimani sifat-sifat mereka yang kita kenali, seperti sifat bentuk Jibril, sebagaimana yang pernah dilihat Nabi  ๐Ÿฒ, ia memiliki 600 sayap yang menutupi  ufuk. Malaikat bisa saja menjelma menyerupai seorang laki-laki, seperti yang pernah terjadi pada Malaikat Jibril tatkala Allah  ๐Ÿ‰  mengutusnya kepada Maryam. Jibril menjelma jadi seorang manusia yang sempurna.

Demikian pula ketika Jibril datang kepada Nabi  ๐Ÿฒ, sewaktu beliau sedang duduk di tengahtengah para sahabatnya. Jibril datang dengan bentuk seorang lelaki yang berpakaian sangat putih, berambut sangat hitam, tidak terlihat tanda-tanda dia baru saja melakukan perjalanan jauh, namun tidak seorangpun yang mengenalinya. Jibril duduk di dekat Nabi  ๐Ÿฒ, menyandarkan kedua lututnya ke lutut Nabi, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua paha nabi. Ia bertanya kepada Nabi  ๐Ÿฒ tentang Islam, iman, ihsan, hari kiamat, dan tandatandanya, setelah tidak di situ lagi, barulah Nabi  ๐Ÿฒ menjelaskan kepada para sahabatnya,  “itu  adalah Jibril  yang datang untuk mengajarkan  kalian  tentang agama kalian.”  (HR.Muslim)

Demikian halnya dengan para Malaikat yang diutus kepada Nabi Ibrahim dan Luth.

4.  Mengimani tugas-tugas yang diperintahkan Allah kepada mereka yang sudah kita ketahui, seperti selalu bertasbih, dan beribadah kepada Allah  siang dan malam tanpa merasa lelah dan jemu.

Sifat-Sifat  Malaikat: Malaikat  adalah  salah  satu  dari  ciptaan  Allah  dari  alam ghaib.  Tidak  seorang  pun  yang  tahu  berapa  banyak jumlah  mereka,  rupa  dan  keadaan  mereka,  kecuali Allah. Kita cukup memberitakannya dengan apa yg Allah firmankan dan disabdakan RasulNya. In syaa Allah selanjutnya akan ada pembahasan tentang sifat-sifat malaikat.

Sumber:

๐Ÿ“• Syarah Ushulul Iman, Syaikh Al Utsaimin

       Iman kepada Malaikat, Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA