Tugas-tugas dan Sifat-sifat Malaikat


๐Ÿ“š Syarah Ushulul Iman

๐Ÿ“– Iman kepada Malaikat

**

Diantara mereka ada yang mempunyai tugastugas tertentu, misalnya :

1.  Malaikat Jibril yang dipercayakan menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul.

2.  Malaikat Mikail yang diserahi tugas menurunkan hujan dan menumbuhkan tanaman.

3.  Malaikat Israfil yang diserahi tugas meniup sangkakala di hari kiamat dan di hari kebangkitan makhluk.

4.  Malaikat Maut yang diserahi tugas mencabut nyawa orang.

5.  Malaikat Malik yang diserahi tugas menjaga neraka.

6.  Para Malaikat yang diserahi tugas yang berkaitan dengan janin dalam rahim, ketika janin berumur empat bulan di dalam kandungan, Allah  ๐Ÿ‰  mengutus Malaikat untuk meniupkan ruh dan menyuruh untuk menulis rezki, ajal, amal, derita dan bahagianya.

7. Para Malaikat yang diserahi tugas menjaga dan menulis semua perbuatan manusia. Setiap orang dijaga oleh dua Malaikat, yang satu pada sisi kanan dan yang satunya lagi pada sisi kiri.
8.  Para Malaikat yang diserahi tugas menanyai mayat. Bila mayat sudah dimasukkan ke dalam kuburnya, maka akan datanglah dua malaikat yang bertanya kepadanya tentang; Rabb, agama dan Nabinya.

Diantara  Sifat-Sifat  Malaikat:

Pertama:  Mereka  adala  tentara-tentara  Allah  yang paling  agung.

Allah  berfirman: ّ“Dan  kepunyaan  Allah-lah  tentara  langit  dan  bumi  dan adalah  Allah  Maha  Mengetahui  lagi  Maha  Bijaksana,.” (QS Al-Fath  [48]  :  4)

Dan  ketika  berbicara  mengenai  penjaga  Neraka,  Allah   berfirman:
“Dan  di  atasnya  ada  sembilan  belas  (malaikat  penjaga).” (QS Al-Mudatsir  [74]  :  30)

Dan  Allah  ๐Ÿ‰  berfirman:  “Dan  tiada  Kami  jadikan  penjaga  neraka  itu  melainkan dari  malaikat:  dan  tidaklah  Kami  menjadikan  bilangan mereka  itu  melainkan  untuk  jadi  cobaan  bagi  orangorang  kafir...”  (QS Al-Mudatsir  [74]  :  31)

Ini  berarti  bahwa  ada  19  malaikat  penjaga  Neraka  – mereka  memeliharanya,  menjaganya,  menyalakannya dan  ditugasi  mengurusi  perkaranya. Ketika  salah  satu  dari  orang  kafir  mendengarkan  jumlah malaikat  yang  menjaga  Neraka,  dia  berkata,  seolah untuk  mengolok-olok  jumlah  mereka,  “Aku  akan mencukupi  kalian  dari  mereka,”  –  maksudnya  jika  dia masuk  ke  dalam  Neraka,  dia  akan  melawan  mereka, menguasai  mereka  dan  keluar  dari  Neraka.  Dia mengatakan  ini  untuk  mengolok-olok  dan  menghina, maka  Allah  membantah  mereka  dengan  firman-Nya:

“Dan  tiada  Kami  jadikan  penjaga  neraka  itu  melainkan dari  malaikat.”  (QS al-Mudatsri  [74]  :  31)

Ini  berarti  bahwa  mereka  (para  penjaga  neraka)  tidak berasal  dari  manusia. Sehingga  apabila  orang  tersebut  mengatakan  bahwa  dia kuat  dan  dapat  melawan  sejumlah  manusia,  dia  tidak akan  dapat  melawan  para  malaikat  meskipun  satu malaikat  saja.  Allah  berfriman:  “Dan  tiada  Kami  jadikan penjaga  neraka  itu  melainkan  dari  malaikat.”  Artinya, kami  tidak  menjadikannya  dari  manusia  atau  jin.

“Dan  tiada  Kami  jadikan  penjaga  neraka  itu  melainkan dari  malaikat:  dan  tidaklah  Kami  menjadikan  bilangan mereka  itu  melainkan  untuk  jadi  cobaan  bagi  orangorang  kafir,  supaya  orang-orang  yang  diberi  Al-Kitab menjadi  yakin  dan  supaya  orang  yang  beriman bertambah  imannya  dan  supaya  orang-orang  yang diberi  Al  Kitab  dan  orng-orang  mu'min  itu  tidak  raguragu  dan  supaya  orang-orang  yang  di  dalam  hatinya  ada penyakit  dan  orang-orang  kafir  (mengatakan):  "Apakah yang  dikehendaki  Allah  dengan  bilangan  ini  sebagai suatu  perumpamaan?”  (QS Al-Mudatsir  [74]  :  31)

Masih Ada beberapa lagi sifat-sifat Malaikat yang dijelaskan oleh syaikh Shalih yang in syaa Allah kita bahas di pekan depan.

Sumber:
๐Ÿ“• Syarah Ushulul Iman, Syaikh Al Utsaimin

       Iman kepada Malaikat, Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA