Kisah Nabi Adam (28)


📚 Materi Shahih Kisah Para Nabi

📖

*Empat Anak Pertama dalam Alquran*

Allah berfirman:

"Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterimalah dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). (QS. al-Maidah: 27)

Puncak kebahagiaan duniawi dicapai ketika Adam dan Hawa menyaksikan kelahiran anak pertama mereka, sepasang anak kembar. Adam adalah seorang ayah yang penuh pengabdian dan Hawa seorang ibu yang bahagia. Si kembar Kain (Qabil) dan adiknya. Kemudian Hawa melahirkan sepasang anak kembar kedua, Abel (Habil) dan adiknya. Keluarga tersebut menikmati karunia dan buah-buahan dari bumi yang diberikan oleh Tuhan mereka. Anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa muda yang kuat dan sehat. Kain menggarap tanah sementara Abel mengurus ternak.

Ada Faedah yang dijelaskan Ustadz Abdullah Sholeh Hadrami dahulu; Bahwa ada perselisihan mengenai riwayat tentang iqlima' dan labuda, beliau mengatakan tidak ada yang shahih termasuk keturunan2 yang banyak disebutkan setelahnya.

Yg jelas Habil dan anak perempuan pertama satu rahim dan Qabil dan anak perempuan kedua juga satu rahim.

Dan Allah tidak menyebutkan nama2 anak perempuan tersebut. Mengenai perselisihan ini maka kami bertawaquf (tidak menjelaskan secara rinci), sebelum menemukan penjelasan2 yang lebih kuat dalam menerangkannya. Semoga saja suatu saat ada penjelasan yang lebih terperinci untuk kita mengetahui lebih otentik mengenai permasalahan ini.

📝 Wallahu A'lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA