TIDAK BOLEH KELUAR MASJID SETELAH ADZAN BERKUMANDANG


๐Ÿ“š Pelajaran Fiqih

๐Ÿ“–

Salah satu etika ketika sudah berada di dalam masjid yaitu tidak keluar masjid setelah adzan, kecuali ada uzur yang mengharuskan keluar masjid.

Diriwayatkan dari Utsman bin Affan ra, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barang siapa yang kedatangan azan di masjid kemudian keluar untuk suatu keperluan tanpa berkeinginan untuk kembali, dia orang munafik’.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam sebuah hadits yang shahih disebutkan:
ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุงู„ุดَّุนْุซَุงุกِ ู‚َุงู„َ : ูƒُู†َّุง ู‚ُุนُูˆุฏًุง ูِูŠ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ู…َุนَ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ูَุฃَุฐَّู†َ ุงู„ْู…ُุคَุฐِّู†ُ ، ูَู‚َุงู…َ ุฑَุฌُู„ٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ูŠَู…ْุดِูŠ ، ูَุฃَุชْุจَุนَู‡ُ ุฃَุจُูˆ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุจَุตَุฑَู‡ُ ุญَุชَّู‰ ุฎَุฑَุฌَ ู…ِู†ْ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ، ูَู‚َุงู„َ ุฃَุจُูˆ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ : (ุฃَู…َّุง ู‡َุฐَุง ูَู‚َุฏْ ุนَุตَู‰ ุฃَุจَุง ุงู„ْู‚َุงุณِู…ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ
Dari Abu Asy Sya’tsa, ia berkata: “Ketika itu kami sedang duduk-duduk di masjid bersama Abu Hurairah. Kemudian muadzin pun beradzan. Ada seorang lelaki berdiri berjalan. Maka Abu Hurairah tidak melepaskan pandangan terhadap lelaki tersebut hingga akhirnya lelaki tersebut keluar masjid. Maka Abu Hurairah berkata: ‘Adapun orang ini ia telah bermaksiat kepada Abul Qasim (Rasulullah) Shallallahu’alaihi Wasallam’” (HR. Muslim no. 655).

Dalam riwayat lain, ada tambahan:
ุซُู…َّ ู‚َุงู„َ : ุฃَู…َุฑَู†َุง ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐَุง ูƒُู†ْุชُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ูَู†ُูˆุฏِูŠَ ุจِุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ูَู„َุง ูŠَุฎْุฑُุฌْ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุญَุชَّู‰ ูŠُุตَู„ِّูŠَ
Kemudian Abu Hurairah mengatakan, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan kami: “Jika kalian di masjid kemudian adzan dikumandangkan maka kalian tidak boleh keluar sampai menyelesaikan shalat.” (HR. Ahmad no. 10946, dishahihkan oleh Syu’aib Al Arnauth dalam tahqiq beliau terhadap Al Musnad).

Sebagaimana juga hadits dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ู…َู†ْ ุฃَุฏْุฑَูƒَู‡ُ ุงู„ْุฃَุฐَุงู†ُ ูِูŠ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุซُู…َّ ุฎَุฑَุฌَ -ู„َู…ْ ูŠَุฎْุฑُุฌْ ู„ِุญَุงุฌَุฉٍ ูˆَู‡ُูˆَ ู„َุง ูŠُุฑِูŠุฏُ ุงู„ุฑَّุฌْุนَุฉَ- ูَู‡ُูˆَ ู…ُู†َุงูِู‚ٌ
“Barangsiapa yang mendapati adzan di masjid, lalu keluar (dan keluarnya bukan karena suatu kebutuhan, dan ia tidak berniat untuk kembali ke masjid) maka ia munafik.” (HR. Ibnu Majah no. 726, dishahikan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

At Tirmidzi rahimahullah juga meriwayatkan hadits Abu Hurairah ini dalam Sunan-nya, kemudian setelah membawakan hadits beliau mengatakan:
ูˆَุนَู„َู‰ ู‡َุฐَุง ุงู„ْุนَู…َู„ُ ุนِู†ْุฏَ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ู…ِู†ْ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูˆَู…َู†ْ ุจَุนْุฏَู‡ُู…ْ ، ุฃَู†ْ ู„َุง ูŠَุฎْุฑُุฌَ ุฃَุญَุฏٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุจَุนْุฏَ ุงู„ْุฃَุฐَุงู†ِ ุฅِู„َّุง ู…ِู†ْ ุนُุฐْุฑٍ ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆู†َ ุนَู„َู‰ ุบَูŠْุฑِ ูˆُุถُูˆุกٍ ، ุฃَูˆْ ุฃَู…ْุฑٍ ู„َุง ุจُุฏَّ ู…ِู†ْู‡ُ
“Inilah yang diamalkan para ulama dari kalangan sahabat Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan orang-orang setelah mereka. Yaitu seseorang tidak boleh keluar dari masjid setelah adzan kecuali jika ada udzur semisal untuk wudhu karena ia belum berwudhu, atau perkara yang memang harus dilakukan.” (Sunan At Tirmidzi no. 204).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengatakan:
ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุฎุฑูˆุฌ ู…ู† ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฐุงู† ู„ุญุงุฌุฉ ุนุงุฑุถุฉ ูƒุงู„ูˆุถูˆุก، ูˆูƒุงู„ุญุงุฌุฉ ุงู„ุชูŠ ุฐูƒุฑู‡ุง ุงู„ุณุงุฆู„ ุฅุฐุง ูƒุงู† ูŠุฑุฌุน ู‚ุจู„ ุงู„ุฅู‚ุงู…ุฉ، ูˆู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุฎุฑูˆุฌ ุจุนุฏ ุงู„ุฃุฐุงู† ู„ู…ู† ู„ุง ูŠุฑูŠุฏ ุงู„ุฑุฌูˆุน ุฅู„ุง ุจุนุฐุฑ ุดุฑุนูŠ؛ ู„ู…ุง ุซุจุช ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ
“Boleh keluar dari masjid setelah adzan untuk suatu kebutuhan yang urgen seperti wudhu atau seperti yang disebutkan penanya (yaitu menyambut tamu) jika ia berniat untuk kembali lagi ke masjid sebelum iqamah. Dan tidak boleh keluar dari masjid setelah adzan bagi orang yang tidak berniat untuk kembali lagi, kecuali jika ada udzur syar’i. Hal ini berdasarkan hadits Abu Hurairah” (Majmu’ Fatawa wal Maqalat Syaikh Ibni Baz, 10/338).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

Kumpulan Ayat Al Qur’an tentang Kiamat

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)