IKHLAS DALAM MELAKSANAKAN IBADAH




 Para ulama telah bersepakat bahwa salah satu diterimanya ibadah kita oleh Allah swt, dilaksanakan dengan ikhlas, Apakah yang dimaksud dengan ikhlas itu ?
                                                                         
1. Dalil
 
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ                                                                                                                                            

 "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus".
(QS al-Bayyinah 5).

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ
                                                                                                             
"Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya"
(QS az-Zumar 2).
 
 2. Pengertian dan makna Ikhlas

a. Secara lughawi, kata ikhlas berasal dari kata  akhlasha wazan  af'ala termasuk kepada isim tafdil (superlative).  artinya bersih atau murni. Sedangkan menurut Kamus Fiqih, ikhlas adalah suatu keadaan yang dalam melakukan pekerjaan semata-mata karena Allah swt, bukan karena ingin memperoleh keuntungan diri (lahiriah dan batiniah). Adapun dari surat al-Bayyinah 5 diatas, terjemahan ikhlas adalah memurnikan ketaatan kepada-Nya. (slice copy)yang disampaikan  oleh role model umat yakni Utusan-Nya Nabi Muhammad saw yang dikenal dengan mengikuti Sunnah Nabi.  
             
b.  Makna Ikhlas
                                                                                                                                yaitu keinginan untuk mendapatkan ridha Allah swt dengan melakukan suatu amal dan membersihkannya dari segala kepentingan, baik bersifat pribadi maupun duniawi. Maka ikhlas merupakan buah tauhid yang sempurna kepada Allah yakni mengesakan Allah dalam ibadah dan memohon pertolongan

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

"Hanya kepada Engkaulah kami beribadah dan hanya kepada Engkaulah
 kami meminta pertolongan".

     Dengan keikhlasan, seorang mukmin akan menjadi :                                                                                                                                   a. Hamba Allah, bukan hamba hawa nafsu, bukan hamba dunia atau orang lain  dan akan terlepas dari perbudakan dan penghambaan kepada selain Allah swt.

b. Terbebas dari segala perbudakan dan penghambaan kepada selain Allah, penghambaan kepada uang, materi, wanita, pangkat, jabatan dan kedudukan, segala watak dan kebiasaan dsb.

c. Hakikat ikhlas
                                                                                                                           1) Menurut Abu Al-Qasim Al-Qusyairi                                                                                         Ikhlas adalah menjadikan Allah swt sebagai satu-satunya tujuan dalam perbuatan taat untuk bertaqarrub kepada-Nya bukan kepada yang lain.

2). Al-Junaid                                                                                                                                    Ikhlas adalah rahasia antara Allah dengan seorang hamba tidak diketahui Malaikat sehingga tidak tercatat dan tidak diketahui pula oleh setan, sehingga tidak dapat merusaknya, juga tidak ketahui oleh hawa nafsu sehingga tidak bisa menyelewengkannya.
                                                                                                                     3) Hadits Qudsi                                                                                                                                 Ikhlas itu merupakan salah satu rahasia-Ku yang Aku titipkan di dalam hati orang yang Aku cintai di antara hamba-hamba Ku.

  3. Tanda-tanda Ikhlas menurut Dzun Nun :                                                                                     a. Sama saja dipuji atau dicaci orang (tidak ngaruh)                                                                    b. Lupa memandang amal dalam beramal (tidak di ingat-ingat)                                                       c. Lupa menuntut pahala amal di akhirat.

   4. Unsur-unsur Pembentukan Ikhlas                                                                                              a. Perhatian beramal hanya kepada Khalik bukan kepada makhluk                                              b. Lahir batin hendaklah sama (balans)                                                                                        c. Tidak ujub terhadap diri sendiri                                                                                                   d. Fana dari diri dan amal.

    5. Ikhlas adalah fondasi tegaknya Risalah Nabi saw
 
       a. Menaati Rasulullah  saw sama dengan menaati Allah swt

مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا

         "Barangsiapa menaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah Dan Barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu) maka Kami tidak mengutusmu Muhammad untuk menjadi pemelihara mereka".
(QS an-Nisa 80).

         Fenomena di masyarakat :
                                                                                                              1). Rasulullah saw tidak mentahlilkan istrinya Khodijah ketika wafat, juga para putranya juga syuhada perang Badar, tetapi sebagian kita, tahlilan menjadi kewajiban bagi keluarga yang ditinggalkan meninggal keluarganya.

         2). Rasulullah saw ketika hendak melaksanakan shalat fardu, tidak melaksanakan puji-pujian atau shalawatan, kenapa sebagian kita melaksanakannya, sehingga kadangkala mengabaikan kepada saudaranya yang sedang shalat Rawatib.

        3). Tiap malam Jum'at, Rasulullah saw membaca Al-Qur’an, kenapa sebagian dari kita malah membaca Kitab Barjanji atau membaca shalawat tertentu.
                                           
 4). Shalawat yang dibaca Rasulullah saw dan para sahabatnya tidak menambah dengan kata "Sayyidina Muhammad", kenapa kita berani menambahnya dengan alasan memuliakan Rasulullah, padahal beliau tidak mau di kultus individukan.
                 
b. Perintah taat kepada Rasulullah

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

" Dan taatlah kepada Allah dan Rasul (Muhammad) agar kamu diberi rahmat" (QS Ali Imran 132).

c. Tiap Rasul menjadi saksi di Akhirat

وَيَوْمَ نَبْعَثُ مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا ثُمَّ لَا يُؤْذَنُ لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَلَا
 هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ

"Dan ingatlah pada hari Kiamat Kami bangkitkan seorang saksi (Rasul) dari setiap umat, kemudian tidak diizinkan kepada orang yang kafir untuk membela diri dan tidak pula dibolehkan memohon ampunan "
(QS an-Nahl 84)

Apabila kita ditanya oleh Allah pada penghisaban amal kita, "mengapa kalian melaksanakan amalan yang tidak diperintahkan dan dicontohkan oleh Rasul, Jawaban apa yang akan kita sampaikan kepada Allah, sedangkan Rasul menjadi saksi disana.

d. Durhaka kepada Rasul akan dimasukkan ke neraka

وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا
 وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ

 "Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batas hukum-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka, dia kekal di dalamnya dan dia akan mendapat azab yang menghinakan"
(QS an-Nisa 14).
                                           
6. Kesimpulan
                                                                                                                                     a. Ibadat secara ikhlas adalah memurnikan ibadah kita hanya kepada Allah   swt semata dengan mengikuti Sunnah Nabi saw.                                                                                  b. Ingkar terhadap Sunnah Nabi saw, dengan menambah, mengurangi serta merubah tata cara ibadah yang dilaksanakan oleh Nabi saw merupakan pembangkangan dan durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya.                                                  
c. Ibadah secara ikhlas, mutlak harus mengerti ilmunya, belajarlah selagi masih ada umur, agar ibadah kita berkualitas, karena ibadah itu bukan banyaknya tetapi kualitasnya, syukur-syukur banyak dan berkualitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA