MENGAPA SYUKRON DIJAWAB AFWAN? .


.

.
Kenapa di dalam bahasa Arab orang berterima kasih dg mengucapkan kata SYUKRON koq dijawab AFWAN (maaf).
.
Jawabannya adalah, karena ada makna yg terkandung di dalamnya.
.
๐Ÿ“ŒMakna 1 :
Kata AFWAN Bermakna ZIYADAH (TAMBAHAN)
Maksudnya saat kita diucapkan syukron, maka kita jawab afwan, artinya:
ู‡ุฐุง ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุฐูŠ ูุนู„ุชู‡ ู‚ู„ูŠู„ ูุฃุทู„ุจ ู…ู†ูƒ ุงู„ุนููˆ
Perbuatan yang kulakukan ini SEDIKIT/KECIL, karena itulah aku minta kepada anda TAMBAHAN (AFWU)
.
๐Ÿ“ŒMakna 2 :
Kata AFWAN Bermakna TARKU (meninggalkan)
Artinya :
ุนููˆุช ุนู†ูƒ ุนููˆุง ู„ุงู†ูŠ ู„ุง ุงุณุชุญู‚ ุงู„ุดูƒุฑ
Saya tinggalkan dirimu karena saya tdk berhak atas ucapan terima kasihmu.
.
๐Ÿ“ŒMakna 3 :
Kata AFWAN bermakna THOLAB (menuntut)
ุงุนุชููŠุชูƒ ุฅุฐุง ุทู„ุจุช ู…ุนุฑูˆููƒ ูˆูุถู„ูƒ
Artinya saya meminta dan memohon kebaikan anda (atas terima kasih anda kpd saya)
.
๐Ÿ“ŒMakna 4 :
Kata AFWAN bermakna FADHL (keutamaan) yg diberikan tanpa diminta
ุฃุนุทูŠุชูƒ ุนููˆุงً ู…ู† ุบูŠุฑ ู…ุณุฃู„ุฉ ู…ู†ูƒ
Saya berikan keutamaan tsb tanpa perlu anda minta... (maksudnya yg saya kerjakan itu murni bantuan tdk usah anda minta saya kerjakan)
.
๐Ÿ“ŒMakna 5 :
Kata AFWAN bermakna MAAF
Seakan dikatakan
ุนููˆุช ุนู†ูƒ ุนููˆุง
Saya mohon maaf, (krn saya tidak berhak diberi ucapan terima kasih, namun Allรขh lah yg berhak)
.
Semua makna itu intinya sama yaitu sebagai bentuk tawadhu (kerendahhatian) kita saat diucapkan terima kasih, karena kita mmg kita tdk layak menerimanya... .
Copas IG @abinyasalma
.
#syukron #afwan #ayomingaji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA