mutiara hadits (4)

عن أبي هريرة عبد الرحمن بن صخر رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : إن الله لا ينظر إلى أجسامكم ولا إلى صوركم ولكن ينظر إلى قلوبكم وأعمالكم - رواه مسلم .
Artinya : Dari Abii Hurairah (Abdurrahman bin Sakhr) R.A berkata : Rasulullah S.A.W Bersabda : Bahwasanya Allah tidak memandang kepada jasat tubuh kalian dan tidak pula kepada rupa-rupa kalian, tetapi yg Allah pandang adalah Hati kalian dan 'Amal perbuatan kalian .
.
Maksud dari hadist ini adalah : Apabila hati kita baik maka semua tubuh kita pasti akan baik tapi apabila hati jahat maka semua tubuh pun akan ikut jahat,, apabila hati dan amal kita baik maka Allah akan membalas nya dengan kebaikan, tapi apabila hati & amal kita jahat maka Allah akan membalasnya dengan keMaha 'Adilannya . .
.
.

عن جرير بن عبد الله رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : من لا يرحم الناس لا يرحمه الله - متفق عليه .
Artinya : Dari Jarir bin 'Abdillah R.A berkata : Rasulullah S.A.W Bersabda : Barang siapa yang tidak besifat kasih sayang kepada sesama manusia, maka Allah tidak akan kasih sayang kepadanya . .
Salah satu tanda kita sayang kepada sesama manusia adalah saling nasehat menasehati tentang kebaikan/kebenaran . .
قال الله تعالى : وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر - الآية (سورة العصر) .
.
Artinya : Allah S.W.T Berfirman : Saling nasehat menasehatilah kalian dengan kebenaran dan saling nasehat menasehatilah kalian dengan kesabaran . .
والله أعلم

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA