*AGAR TIDAK MEMBELOT DARI JALAN TUHAN*


Oleh:
_*H.T. Romly Qomaruddien, MA.*_
Pertanyaan besar yang sering muncul di tengah-tengah kita, mengapa manusia bisa membelot dari jalan Tuhan? Bila dikatakan sebabnya karena kurang pengetahuan agama, bukankah belakangan gelombang demikian banyak diteriakkan oleh orang-orang yang mengaku beragama. Bila dikatakan karena kurangnya ilmu, justeru belakangan paham ini banyak didukung kalangan orang yang memiliki ilmu.
Semua itu tentunya, tidak dapat dilepaskan dari cara pandang seseorang terhadap sesuatu yang wajib dipahaminya. Mengapa manusia ada, siapa yang mengadakan. Mengapa alam dicipta, siapa yang mencipta dan untuk apa diciptakan. Lalu apa kewajiban manusia bagi Penciptanya, kewajiban sesama manusia dan bagaimana memperlakukan alam agar terjadi kemakmuran semesta.
Bagi kaum Muslim, nampaknya, layak untuk direnungkan kembali tiga pokok pengetahuan dalam Islam _[ushuulul ma'rifah fiel Islaam]_ sebagai tolok ukur dalam memahami penilaian "benar" dan "salah". Pokok-pokok yang dimaksud adalah: Mengetahui siapaTuhan itu? _[ma'rifatur Rabb]_, Mengetahui siapa manusia itu? _[ma'rifatul insaan]_ dan apa alam itu? _[ma'rifatul 'aalam]_. Ketika benar memahami tiga perkara ini, maka cara pandangnya bisa benar. Dan ketika salah memahami tiga perkara ini, maka cara pandangnya bisa salah.
*1) Mengetahui siapa Tuhan [Ma'rifatur Rabb]*
Dalam Islam, keberadaan Tuhan sudah final, Dialah Allah _jalla jalaaluhu_ Dzat penguasa alam _[Rabbul 'aalamien]_. Al-Qur'an menjelaskan akan hal ini; Alloh itu Esa, Allah itu tempat bergantung semua makhluk, Allah itu tidak berputra dan tidak diputrakan, serta tidak ada yang mampu menyamaiNya seorang pun. Itulah Qs. Surat Al-Ikhlas. Dialah Allah yang tidak ada Tuhan selainNya, Dia yang Maha hidup dan berdiri sendiri, tidak terkena lupa dan tidur. Itulah mutiara ayat Kursi. Alloh itu pun cahaya yang menerangi langit dan bumi, perumpaan cahayanya laksana lampu _[misykat]_ yang di dalamnya ada pelita. Itulah mutiara Qs. An-Nuur. Masih banyak ayat lainnya yang menjelaskan siapa Tuhan itu, demikian pula Nabi _shalallaahu 'alaihi wasallam_ menjelaskan di banyak haditsnya.
Berbeda dengan pandangan yang lain yang masih memperdebatkan siapa Tuhan itu? Ketika mereka belum atau tidak bisa menemukan jawabnya, merekapun menuduhnya dengan kata-kata "Tuhan mulai lelah", "Tuhan mulai bosan", "Tuhan mulai sakit", bahkan sebagian mereka menyebutkan "Tuhan sudah mati" _[god is dead]_.
*2) Mengetahui siapa manusia [ma'rifatul Insaan]*
Dalam Islam, perkara ini pun sudah final. Manusia itu adalah makhluk turunan ayahanda Adam _'alaihis salaam_ dan bunda Hawa, Adam dicipta dari saripati tanah _[sulaalatin min thien]_. Beranak pinak melalui percampuran air mani yang memancar _[nuthfah]_, lalu menjadi segumpal darah _['alaqah]_, kemudian menjadi seketul daging _[mudhghah]_ yang membungkus tulang. Berikutnya, diciptakanlah pendengaran, penglihatan, hati dan ditiupkannya ruh. Semua itu dijelaskan Al-Qur'an [Qs. Al-Hijr/15: 26, 28, 29, Qs. Al-Mu'minuun/23: 12-14, Qs. An-Nahl/16:78, dll.], demikian pula Nabi _shalallaahu 'alaihi wasallam_ menjelaskan di banyak haditsnya.
Berbeda dengan pandangan yang masih menduga-duga dengan berbagai teorinya, di antaranya evolusi Charles Darwin yang meyakini manusia itu berasal dari turunan kera. Namun kenyataannya, mereka unggulkan ras tertentu dengan _species_ istimewanya, namun di sisi lain, mereka remehkan manusia lainnya.
*3) Mengetahui alam [ma'rifatul 'aalam]*
Dalam Islam, hal ini pun sudah final. Ada alam yang tak nampak _[ghaib]_, ada pula alam yang nampak _[syahaadah]_ sebagaimana Qs. Al-Jumu'ah/62:8, atau alam dunia yang _fana_ dan terbatas _[dunyaa]_ dengan alam akhir yang kekal abadi _[akhirat]_. Karenanya doa yang dipanjatkan pun do'a keselamatan dua alam _"Rabbanaa aatinaa fied dunyaa hasanah wa fiel aakhirati hasanah wa qinaa adzaaban naar"_ [Qs. Al-Baqarah/2:201]. Semua ini menunjukkan bahwa Allah _jalla jalaaluh_ menjadikan dunia sebagai tempat sementara, dan akhirat merupakan negeri ujung pengharapan. Pantas, kalaulah Allah menyebutnya dengan _"wal aakhiratu khairun laka minal uulaa"_. Demikian pula Nabi _shalallaahu 'alaihi wasallam_ menerangkan di banyak haditsnya. Ibnul Qayyim mengistilahkannya dengan _"daarul hijratain wa baabus sa'aadatain; dua negeri tempat berhijrah dan dua pintu kebahagiaan"_.
Berbeda dengan mereka, yang memahami alam ini perlu perlakuan khusus dengan _ritus-ritus_ tertentu yang melahirkan pandangan alam yang penuh _sinkretik_.
Dengan pemahaman yang benar terhadap konsep ke-Tuhanan, maka bisa selamat pula dari pandangan _materialisme-atheisme_ yang menganggap Allah itu benda atau tidak ada sama sekali. Dengan pemahaman yang benar terhadap konsep manusia sebagai makhluk yang wajib patuh pada Penciptanya, maka selamat pula dari keyakinan _humanisme_ yang keliru di mana hak asasi manusia bisa mengalahkan hak-hak Tuhan. Dengan pemahaman terhadap konsep alam yang benar, di mana manusia harus merawatnya, maka selamat pula dari keyakinan _nativisme_ yang menggiring manusia pada ajaran mistik penuh klenik dan kejumudan alam perasaan.
Dengan tiga pokok pengetahuan itulah, minimalnya diharapkan mampu menutup celah-celah pintu kesesatan yang menyebabkan pelakunya membelot dari jalan Tuhan, bahkan anti Tuhan. Sebagai gambaran, para pengingkar Tuhan zaman dahulu, meyakini bahwa makhluk-makhluk itu [hidup atau benda] yang dipuja dan disembah tidaklah mendatangkan kemanfaatan dan kemadharatan. Mereka melakukannya bukan karena meyakini makhluk-makhluk itu bisa memberi rezki atau mengatur alam semesta, melainkan sebagai "perantara" dalam mendekatkan kepada hakikat Pencipta. Demikian pula dengan pengingkaran zaman ini, mereka menjadikan sosok yang dikagumi, benda yang dikeramatkan, sistem hidup yang diagungkan pun sebagai perantara dalam menggapai tujuan yang diinginkan.
Berawal dari memuliakan tokoh, berakhir dengan pengkultusan. Berawal dari melestarikan budhaya, berakhir dengan pengkeramatan atas nama agama. Berawal dari penyanjungan sistem ideologi yang dianut, berakhir dengan sakralitas sistem yang membabibuta. Semua berjalan dan mengalir tanpa sadar menerjang dinding-dinding ketauhidan.
Di antara fenomena yang telah menggurita adalah arus _sekularisme_ [upaya memisahkan akhirat dengan dunia; memisahkan agama dengan ilmu, memisahkan agama dengan negara, memisahkan ulama dengan kekuasaan dan lain-lain], juga arus _liberalisme_ [seruan kebebasan dalam menafsir agama]. Keduanya berhasil menelikung alam fikir dan merobohkan benteng-benteng keimanan sebagai azas agama. Seiring dengan seruan pengingkaran "wujud Allah", pemandulan atas keyakinan bahwa Allah itu Pencipta dan Pengatur alam, pernyataan perang terhadap semua yang menyerukan keimanan terhadap Allah dan rasulNya serta menolak apabila urusan-urusan agama masuk ke dalam urusan-urusan dunia. Menurut mereka, agama itu ranah _private_, sementara dunia itu ranah _public_. Karenanya mereka sangat bersemangat untuk "menceraikan" keduanya.
Pengingkaran mereka sangat nyata, baik bersifat total _[mulhidah]_ atau pun tidak total _[ghair mulhidah, agnoticisme]_, namun keduanya sama-sama menggiring penganutnya untuk menjadi "sosok manusia" yang anti Tuhan _[al-laadiniyyah, atheisme]_ sebagaimana dijelaskan Muhammad Syakir Syarief dalam _Al-'Ilmaaniyyaat wa Tsamaruhal Khabiesat_, Muhammad 'Abdul Hadi al-Mishri dalam _Mauqif Ahlis Sunnah wal Jamaa'ah Minal 'Ilmaaniyyaat_, Prof. Safar al-Hawali dalam _Al-Ilmaaniyyaat_ dan Mohammad Natsir dalam _Ikhtaaruu Ihdaas Sabielain; ad-Diin auw al-Laadiiniyyah_.
Dalam bahasa para ulama, mereka itu disebut pula dengan istilah kaum _dahriyyuun_, yaitu orang-orang yang menjadikan hawa nafsu sebagai Tuhannya, tidak mempercayai alam akhir dan beranggapan bahwa waktu _[ad-dahr]_ itulah yang dapat menentukan segalanya dalam kehidupan [QS. 45: 23-26].
Adapun prinsip dan gagasan yang ingin dibangun oleh gerakan _liberalisme_ adalah: pentingnya menilai ulang dan merombak kembali _ijtihad_, berkomitmen terhadap _rasionalitas_ dan pembaruan, menerima _pluralisme sosial_ dan _pluralisme agama_, serta pemisahan agama dari partai politik. sebagaimana penelitian Greg Barton [Monash University Australia] dalam _Gagasan Islam Liberal di Indonesia; Pemikiran Neomodernisme Nurcholis Madjid, Djohan Efendi, Ahmad Wahib dan Abdurrahman Wahid_.
Dengan demikian, gagasan-gagasan tersebut melahirkan berbagai kerusakan terstruktur; hancurnya aqiedah Islam, runtuhnya bangunan syari'at, porak porandanya konsep al-Qur'an sebagai wahyu, hancurnya konsep dasar Islam, runtuhnya otoritas ulama dan membarjirnya dukungan terhadap kerusakan akhlak akibat faham _liberalisme_ dan _relativisme_ moral [maraknya LGBT dan kawin sesama jenis di antaranya].
Dengan terbukanya kran kesesatan, menyebabkan munculnya tuduhan, bahwa _"syari'ah Islam menjadi penyebab mundurnya kaum muslimin dikarenakan membatasi kehidupan dan tidak cocok bila diterapkan di abad ini"_. Bukankah kalimat ini lebih mendekati [untuk tidak mengatakan sama] kepada pemaknaan _"agama adalah candu"_ sebagaimana pandangan para pengikut Karl Marx, Lennin, Stallin dan lainnya dari tokoh-tokoh _Komunisme_. Sikap semacam ini, menurut Syaikh Ibnu Baz dalam _Al-'Aqiedah as-Shahiehah wa Nawaaqidhul Islaam_ bukan sekedar telah melakukan penistaan agama, melainkan dapat membatalkan ke-Islaman pelakunya.
Dalam konteks tanah air, pandangan serupa pernah dikeluarkan dalam _Resolusi Muktamar 'Alim Ulama se-Indonesia_ tanggal 8 - 11 September 1957 di Palembang yang memutuskan tentang ajaran komunisme, di antaranya bahwa _"ideologi ajaran komunisme adalah kufur hukumnya dan haram bagi umat Islam menganutnya"_.
Bahkan, seorang Kristen Syria yang sangat menaruh perhatian terhadap tanah air, Faris Al-Khaury [Mantan Ketua Dewan Keamanan PBB] pernah menuturkan dengan jujur: _"Hanya Islamlah yang mampu membendung komunisme"_. Demikianlah Prof. Dr. H.M. Rasjidi menukilkan dalam bukunya _Islam Menentang Komunisme_ [1966].
Semua ini menunjukkan, betapa Islam adalah agama yang benar-benar menjungjung tinggi nilai-nilai ke-Tuhanan dan sekaligus memelihara manusia dari berbagai pandangan yang menggiring pada ajaran anti Tuhan. Karena itu, Islam menolak terhadap komunisme dengan segala bentuk ajarannya. _*Rabbanaa tsabbit quluubanaa 'alaa dienik*_
_____________________
_*Penulis adalah:*_ Anggota Dewan Hisbah PP. Persatuan Islam (Komisi 'Aqiedah), Anggota Fatwa MIUMI (Perwakilan Jawa Barat) dan Ketua Bidang Ghazwul Fikri & Harakah Haddaamah Pusat Kajian Dewan Da'wah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA