Bismillah HUKUM BERJABAT TANGAN DENGAN YANG BUKAN MAHRAM



.
.
Nabi ﷺ saja yang terjaga dari fitnah syahwat TIDAK PERNAH berjabat tangan dengan WANITA yg bukan mahram, lalu bagaimana dgn orang yg levelnya dibawah Nabi ?
.
Tak seorangpun WANITA dikalangan para sahabat yg pernah berjabat tangan dengan Nabi meski dgn alasan ngalap berkah dan hormat kepada org sholih, begitu pula generasi setelahnya tidak ada WANITA kalangan tabi'in yg ngalap berkah kpd sahabat senior sekelas Abu Bakar & Umar
.
.
Dalil Larangan ⏬
.
.
Nabi ﷺ bersabda : “Sesungguhnya AKU TIDAK PERNAH BERJABAT TANGAN dengan WANITA”. (HR. Ahmad, Hasan).
.
Imam Ibnu ‘Abdil Barr berkata: “Dalam perkataan beliau “aku tidak pernah berjabat tangan dengan wanita” ada dalil tentang tidak bolehnya seorang lelaki bersentuhan dengan perempuan yg tidak halal baginya dan menyentuh tangannya dan berjabat tangan dengannya”. (📚 At-Tamhid 12/243).
.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha beliau berkata : “Demi Allah TIDAK PERNAH sama sekali TANGAN Rasulullah MENYENTUH TANGAN WANITA dalam berbai’at, beliau hanya membai’at mereka dengan ucapan“. (HR. Bukhori).
.
Dari Aisyah radhiallahu’anha, beliau menceritakan tentang baiat kaum wanita (mukminah) kepada Rasulullah ﷺ, beliau berkata: Rasulullah ﷺ sama sekali TIDAK PERNAH MENYENTUH SEORANG WANITAPUN dengan TANGAN Beliau, tapi beliau mengambil baiat wanita (dengan ucapan saja dan tanpa berjabat tangan), setelah membaiat wanita, beliau ﷺ bersabda kepadanya: “Pergilah, sungguh aku telah membaiatmu”(HR. Muslim).
.
.
Dari Umaimah radhiallahu’anha dia berkata: "Aku pernah mendatangi Rasulullah ﷺ bersama para wanita (muslimah) untuk membaiat beliau ﷺ, lalu beliau ﷺ bersabda: “Sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan kalian, sesungguhnya AKU TIDAK BERJABAT TANGAN dengan kaum PEREMPUAN (yang bukan mahram)”. (HR. Ibnu Majah)
.
.
“Andaikata kepala salah seorang dari kalian DITUSUK DENGAN JARUM BESI, itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya”. (HR. Ath-Thabrani)
.
Semoga bermanfaat
Jazakumullahu khairan katsiron
Re post by : Dokter Aswaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA