Sekilas bahasa Arab

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي أنزل كتابه بلسان عربي مبين وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن نبيه محمدا عبده رسوله وخليله وصفيه ومصطفاه، أما بعد

Bahasa arab merupakan bahasa yang mulia, hal ini dikarenakan Allah memilihnya sebagai bahasa kitab-Nya yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia secara khusus umat islam.

Alquran dan Alhadits merupakan sumber ajaran islam yang mana keduanya berbahasa arab yang tidak mungkin bagi kita untuk dapat memahami dan mengkajinya kecuali dengan memahami bahasanya. Demikian pula para ulama islam mereka menuangkan karya-karya mereka dalam bentuk bahasa arab walaupun mereka bukanlah dari kalangan orang arab. Oleh karena itu pentingnya bagi kita untuk mempelajari bahasa arab agar dengannya kita dapat mengkaji dan memahami alquran dan alhadits dengan pemahaman yang baik.

Tujuan utama dari mempelajari bahasa arab ialah memahami alquran dan alhadits. Dan disamping tujuan ini hendaklah kita berupaya menjadikan bahasa arab sebagai bahasa keseharian kita di dalam percakapan, tulisan dan lain sebagainya hingga menjadi bahasa dunia sebagaimana pada zaman keemasan islam.

Semoga Allah memberikan kepada kita kemudahan dan pemahaman di dalam mempelajari bahasa arab.

Ditulis oleh

Abu Ismail Al-Buthoni.

Kolaka, 16 dzulhijjah 1438 H / 7 september 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA