Puasa di bulan Ramadhan

 Syarah Ushulul Iman

 Rukun Islam ke-4.  Shaum Ramadhan

Syaikh ibnu Utsaimin berkata yg  maknanya: Shaum Ramadhan adalah Beribadah kepada Allah  dengan cara meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkannya di siang hari bulan Ramadhan.

Salah satu hikmahnya adalah melatih jiwa untuk meninggalkan hal-hal yang dicintai demi mencari ridha Allah  Azza  wa  jalla.

1) Ta’rif Puasa (As-Siyam).

Menurut bahasa Arab: Menahan daripada melakukan semua perkara. Menurut Istilah Syara’: Menahan diri daripada perkara-perkara yang membatalkan puasa, bermula dari terbit fajar (subuh) hingga terbenam matahari. 

2) Hukum Puasa.

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah salah satu daripada Rukun Islam dan merupakan salah satu daripada binaannya yang besar. Dalilnya, firman Allah Ta‘ala:    “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan ke atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa”. (Al-Baqarah: 183).

Juga berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar  katanya: Nabi  bersabda: “Islam itu dibina di atas lima rukun: Mengucap syahadah ‘Laa ilaaha illallah, Muhammadar Rasulullah’, mendirikan solat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan menunaikan haji ke Baitullah”. (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari dan Muslim).

In Syaa Allah dilanjutkan

Baarakallahu fiikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA