# ITTIBA!/MENELADANI/MENGIKUTI RASULULLAH ﷺ #



Kewajiban kaum muslimin adalah dengan berittiba' kepada Rasulullah ﷺ dengan menempuh dan mengikuti jalannya Rasulullah ﷺ dan para Shahabat رضي الله تعالىٰ عنهم اجمعين.
Allah سبحانه و تعالىٰ berfirman :
"Katakanlah : 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu."
(QS. Ali 'Imraan [3] : 31)
Allah ﷻ berfirman :
"Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah."
(QS. At-Taubah [9] : 100)
Jikalau kita mengikuti Nabi Musa عليه السلام dan meninggalkan Rasulullah Muhammad ﷺ saja terlarang, lebih lagi mengikuti yang kedudukannya di bawah Nabi Musa عليه السلام.
Dari 'Abdullah bin Tsabit رضي الله تعالىٰ عنه, ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda,
"Demi Allah yang jiwa Muhammad ﷺ berada di tangan-Nya, kalau saja sekiranya Musa عليه السلام berada di tengah-tengah kamu, kemudian kamu mengikutinya dan meninggalkan aku, pastilah kamu akan menjadi tersesat."
(Shahiih, HR. Ahmad, III/470 - 471, IV/265 - 266,)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحمه الله تعالىٰ berkata,:
"Wahai saudaraku, berhati-hatilah jika engkau membenci sesuatu yang datang dari Rasulullah ﷺ atau engkau menolak Sunnah Rasulullah ﷺ karena mengikuti hawa nafsumu, atau membela madzhabmu, atau membela syaikhmu, membela gurumu, atau kalian menolak Sunnah Rasulullah ﷺ karena engkau sibuk dengan dunia, mementingkan dunia, mengikuti syahwat.
Sesungguhnya Allah سبحانه و تعالىٰ tidak mewajibkan ketaatan kepada seorang pun, melainkan taat kepada Rasulullah ﷺ dan kita wajib berpegang dengan apa yang dibawa oleh Rasulullah ﷺ.
Kalau seandainya seorang hamba menyalahi (tidak mengikuti) seluruh makhluk dan mengikuti Rasulullah ﷺ, maka Allah ﷻ tidak akan bertanya kenapa engkau menyalahi seluruh makhluk.
Justru yang akan ditanya, kenapa seseorang tidak mengikuti Rasulullah ﷺ, tapi malah mengikuti madzhab, syaikh, guru.
Jika ia mengikuti Rasulullah ﷺ, justru inilah yang akan membawa kepada keselamatan dunia dan akhirat.
Dan sebaliknya, jika ia menyalahi Sunnah Rasulullah ﷺ, maka ia akan celaka dan binasa di dunia dan di akhirat."
(Majmuu' Al-Fataawaa, XVI-527 - 529)
Semoga Allah تبارك و‏تعالىٰ memberikan hidayah dan taufiq.
✒ Abu 'Aisyah Aziz Arief
___________
Sumber : fP Sunnah Diaries
https://www.facebook.com/sunnahdiaries/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA