PELITA HADITS 177


 **๐ŸŒŸ
๐ŸŒŸ *Matan hadits:*
ุนَู†ْ ุฃَู†َุณِ ุจْู†ِ ู…َุงู„ِูƒٍ، ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ู‚َุงู„َ: " ุฅِุฐَุง ุฎَุฑَุฌَ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ู…ِู†ْ ุจَูŠْุชِู‡ِ ูَู‚َุงู„َ ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุชَูˆَูƒَّู„ْุชُ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ، ู„َุง ุญَูˆْู„َ ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ู„َّู‡ِ، ู‚َุงู„َ: ูŠُู‚َุงู„ُ ุญِูŠู†َุฆِุฐٍ: ู‡ُุฏِูŠุชَ، ูˆَูƒُูِูŠุชَ، ูˆَูˆُู‚ِูŠุชَ، ูَุชَุชَู†َุญَّู‰ ู„َู‡ُ ุงู„ุดَّูŠَุงุทِูŠู†ُ، ูَูŠَู‚ُูˆู„ُ ู„َู‡ُ ุดَูŠْุทَุงู†ٌ ุขุฎَุฑُ: ูƒَูŠْูَ ู„َูƒَ ุจِุฑَุฌُู„ٍ ู‚َุฏْ ู‡ُุฏِูŠَ ูˆَูƒُูِูŠَ ูˆَูˆُู‚ِูŠَ؟ "
๐ŸŒŸ *Terjemah Hadits:*
Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi _Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam_ bersabda, “Apabila seorang laki-laki keluar dari rumahnya, kemudian ia berdo’a, _Bismillah tawakkaltu 'alaLlah laa haula wa laa quwwata illaLlah_ (Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah). Dikatakan padanya saat itu, ‘Kamu telah diberi petunjuk, kamu telah diberi kecukupan dan kamu telah diberi penjagaan’. Maka setan pun berpaling darinya, dan setan yang lain berkata, ‘Bagaimana kamu dapat (menggoda) laki-laki yang telah diberi petunjuk, diberi kecukupan dan diberi penjagaan?’” (HR Abu Dawud)
๐ŸŒŸ *Takhrij hadits:*
๐ŸŒค Sunan Abu Dawud, _bab ma yaqulu idza kharaja min baitihi_, no 5095
๐ŸŒค Sunan at-Tirmidzi, _bab ma yaqulu idza kharaja min baitihi_, no 3426
๐ŸŒค Sunan al-Kubra an-Nasa’i, no 9837
๐ŸŒค Sunan al-Kubra al-Baihaqi, _bab ma yaqulu idza kharaja min baitihi_, no. 10310
๐ŸŒŸ *Derajat hadits:*
Shahih
๐ŸŒŸ *Intisari Hadits:*
๐Ÿก 1. Dianjurkan bagi seseorang yang akan keluar rumah atau akan menempuh perjalanan agar berdo’a menggunakan do’a ini.
๐Ÿก 2. Orang yang keluar dari rumahnya kemudian mengucapkan do’a seperti yang ada dalam hadits ini, niscaya dia akan mendaptakan perlindungan dari Allah serta dijaga dari kejelekan musuh-musuhnya.
๐Ÿก 3. Setan itu menjauh dari orang yang ketika keluar dari rumahnya mengucapkan do’a ini.
๐Ÿก 4. Apabila seseorang keluar mengucapkan do’a ini, maka setan tidak akan dapat menyesatkannya.
๐Ÿก 5. Ath-Thibbi berkata, “Sesungguhnya seorang hamba apabila meminta pertolongan dengan menyebut nama-Nya yang mulia, maka Allah akan memberinya hidayah, petunjuk, dan akan menolongnya dalam urusan-urusan agama dan dunianya. Dan apabila seseorang bertawakkal kepada Allah serta mempercayakan urusannya kepada Allah, maka Allah akan menjadikannya dalam keadaan cukup. Serta barang siapa yang berdo’a, _‘laa hawla wa laa quwwata illaa billaah’_, maka Allah akan menjaganya dari keburukan-keburukan setan dan setan tidak kuasa atasnya.”
๐Ÿ•‹ _*Wallahu Ta'ala A'lam*_
๐Ÿ† *Halim Majid*
๐Ÿ•Œ Ma'had 'Aly Baiturrahman STAI Persis Garut
๐Ÿ›ฃ Jln. Aruji Kartawinata (Depan lap. Ciateul) Kp. Ciawitali Ds. Jayaraga Tarkid Garut 44151
☎ 0262 232413

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA