Bacaan Adzan


📚 Pelajaran Fiqih
📖

 Dari  Abu Mahdzurah  ia  berkataَ “Bahwa  Nabi mengajarinya  adzan  lalu  beliau  menyebut  tarji‟ (mengulangi  dua kali).” (HR.  Ahmad, Abu  Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu  Majah)

 Bacaan  adzan  adalah  sebagaimana  hadits  dari  „Abdullah  bin  Zaid  bin „Abdi Rabbih, dia  berkata; “Ketika  Rasulullah  telah  sepakat  untuk  manabuh  lonceng,  padahal beliau  membenci  hal  itu  karena  menyerupai  kaum  nasrani,  aku  bermimpi berpapasan  dengan  seseorang  pria  di  malam  hari.  Ia  mengenakan  dua pakaian  hijau  sambil  membawa  lonceng.  „Aku  berkata  kepadanya, „Wahai  hamba  Allah,  apakah  engkau  menjual  lonceng?‟  Ia  bertanya, „Apakah  yang  engkau  perbuat  dengannya?‟  Aku  menjawab,  „Kami menggunakan  untuk  menyeru  shalat.‟  Dia  berkata,  „Maukah  aku kutunjukkan  (cara)  yang  lebih  baik  dari  itu?‟  Aku  berkata;  „Tentu‟  Dia berkata, „Katakanlah;

 “Allahu akbar,  Allahu akbar (2x),  Asyhadu an la ilaha illallahu (2x), asyhadu anna Muhamadan Rasulullah (2x), hayya 'alash shalah (2x), hayya 'alal falaah (2x), Allahu, akbar  Allahu akbar, la ilaha illallah.“ (Allah Mahabesar,  Allah Mahabesar (2x), aku bersaksi bahwa tidak ada dzat yang berhak disembah kecuali  Allah (2x).  Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, marilah dirikan shalat (2x), marilah raih kemenangan (2x),  Allah Mahabesar  Allah Mahabesar, tidak ada sembahan yang benar kecuali  Allah)(Hr. Muslim, Abu Dawud, Tirmidsi dan Ibnu Majjah)).

Disunnahkan  agar  muadzin  menggabungkan  dua  takbir  dalam  satu nafas.  Dari  „Umar  bin  Khattab  ,  ia  mengatakan  bahwa  Rasullah a bersabda; “Jika  muadzin  mengatakan  „Allahu  Akbar,  Allahu  Akbar.‟  Maka hendaklah  seorang  diantara  kalian  mengatakan,  „Allahu  Akbar, Allahu  Akbar.‟ . Kemudian  jika  mengatakan  „Asyhadu  allaa  ilaaha illallaah.‟  Maka  dia  mengatakan,  „Asyhadu  allaa  ilaaha  illallaah.‟ ……”  (HR.  Abu Dawud : 527)

 Berkata  Imam Nawawi dalam  Syarah Muslim; “Disini  terdapat  isyarat  yang  menjelaskan  bahwa  muadzin menggabungkan  setiap dua  takbir  dalam  satu  nafas.  Dan  pendengar juga  menjawab seperti itu.”

Sedangkan Adzan  dengan  17  kalimat,  yaitu  sama  dengan  cara  adzan  kedua  akan  tetapi  takbir  pertama  hanya diucapkan  dua  kali,  bukan  empat  kali.  Adzan  seperti  ini  adalah  cara  yang  dipilih  oleh  Imam  Malik dan  sebagian  Ulama‟  Madzhab  Hanafiah.  Akan  tetapi  menurut  penulis  Shahiq  Fiqh  Sunnah,  hadits yang  menjelaskan  kaifiyat  ini  adalah  hadits  yang  tidak  sahih.  Sehingga  adzan  dengan  cara  ini  tidak disyariatkan.

Sumber:
📕 Fiqih Seruan Adzan,
Adzan dan Iqamah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA