Persatuan Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Sesuai Jalan Salafush Shalih

Artikel Kontributor Laporan Khusus Dauroh-19 Batu, Malang :
By : Moslem Today-2018-07-06,17: 59354
PEMBUKAAN SYAIKH SULAIMAN BIN SALIMULLAH AR-RUHAILI -hafizhahullaah-[MUQADDIMAH].
Orang yang melihat realita zaman sekarang; maka ia akan menyaksikan banyaknya fitnah (ujian), berpecah belahnya orang-orang yang (tadinya) saling mencintai, dan banyaknya orang yang sibuk dengan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat untuk dirinya, dan juga tidak bermanfaat untuk orang lain.
Dan JALAN KELUAR (SOLUSI) dari realita semacam itu adalah: dengan minta tolong kepada Allah, mengakui kekurangan, dan bertaubat dari kesalahan, serta MEMPRAKTEKKAN PRINSIP-PRINSIP SYAR’I BERIKUT INI:
PRINSIP PERTAMA: ilmu.
Dan ilmu merupakan cahaya yang dengannya seseorang bisa melihat (kebenaran); jika ilmu tersebut (1) diambil dari sumbernya (Al-Qur’an & As-Sunnah), dan (2) dipelajari dari ahli ilmu, (3) dibarengi dengan hati yang baik.
Inilah ilmu yang bermanfaat.
Maka, ilmu (semacam itu) harus ada, karena ilmu lah yang akan menjadikan perkataan, perbuatan, bahkan tujuan: menjadi benar.
Adapun keutaaman ilmu: sangatlah banyak -sebagaimana kalian ketahui-.
Dan seorang harus berhias dengan tawadhu’ (merendahkan diri) dalam menuntut ilmu dan harus selamat dari kibr (kesombongan), karena kibr merupakan penghalang terbesar dalam mendapatkan ilmu.Penuntut ilmu sangat butuh kepada sikap tawadhu’ (merendahkan diri).
Dan penuntut ilmu semakin bertambah ilmunya; maka ia semakin bertambah kehinaannya di hadapan Allah dan semakin bertambah sikap tawadhu’nya di hadapan hamba-hamba Allah. Dan semakin meningkat ilmunya; maka ia semakin mengetahui bahwa dirinya adalah bodoh, sehingga semakin bertambah keinginannya untuk menambah ilmunya.
Barangsiapa yang menyangka bahwa dirinya telah mencapai puncak dalam ilmu; maka ia adalah orang bodoh. Dan seorang (penuntut ilmu) senantiasa berada dalam kebaikan; selama ia tidak menganggap dirinya adalah seorang syaikh yang tidak butuh lagi kepada ilmu.
Ketika ia mencapai tingkatan ini; maka ia telah mencapai puncak kebodohan.
Dan (anggapan semacam) ini merupakan pertanda kebodohannya.
PRINSIP KEDUA: bersatu dengan persatuan yang dibanguan di atas 3 (tiga) prinsip:
1. Bersatu di atas agama dan bersatu untuk menegakkan agama.
Allah -‘Azza Wa Jalla- berfirman:
{… ﺃَﻥْ ﺃَﻗِﻴْﻤُﻮﺍ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦَ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺘَﻔَﺮَّﻗُﻮْﺍ ﻓِﻴْﻪِ …}
“…tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya…” (QS. Asy-Syuuraa: 13).
Dalam ayat ini Allah mendahulukan perintah untuk menegakkan agama, atas larangan dari berpecah belah.Maka persatuan tidak akan benar dan tidak akan bermanfaat; kecuali jika didasari agama dan tegak di atas agama.
2. Bersatu dengan dilandasi Al-Qur’an, bukan di atas sikap basa basi, bukan pula di atas hizbiyyah, maupun organisasi. Akan tetapi bersatu di atas tali Allah, didasari Al-Qur’an. Oleh karena itulah Allah berfirman:{ ﻭَﺍﻉﺍﻮُﻤِﺼَﺗْ ﺑِﺤَﺒْﻞِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻔَﺮَّﻗُﻮﺍۚ …}
“Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai,…” (QS. Ali ‘Imraan: 103).
Allah mendahulukan (perintah untuk) berpegang dengan tali Allah, atas larangan dari berpecah belah.
3. Di atas Sunnah Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam-, dan jalannAs-Salafush Shalih; yakni: para Shahabat -radhiyallaahu ‘anhum-, dan orang-orang yang mengikuti mereka.
Allah -Ta’aalaa- berfirman:
{ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﺸَﺎﻗِﻖِ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮْﻝَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﻣَﺎ ﺗَﺒَﻴَّﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯ ﻭَﻳَﺘَّﺒِﻊْ ﻏَﻴْﺮَ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻧُﻮَﻟِّﻪِ ﻣَﺎ ﺗَﻮَﻟَّﻰ ﻭَﻧُﺼْﻠِﻪِ ﺟَﻬَﻨَّﻢَ ﻭَﺳَﺎﺀَﺗْﻤَﺼِﻲْﺭًﺍ }
“Dan barangsiapa menentang Rasul (Muhammad) setelah jelas kebenaran baginya, dan dia mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin (para Shahabat), Kami biarkan dia dalam kesesatan yang telah dilakukannya itu dan akan Kami masukkan dia ke dalam Neraka Jahannam, dan itu seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. An-Nisaa’: 115).
Maka, orang-orang mukmin pada zaman itu (zaman Rasul) adalah: para Shahabat.
Dan ketika terjadi perselisihan; Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- telah menunjukkan jalan untuk bersatu, yakni: dengan berpegang pada Sunnah, dengan pemahaman para Shahabat.
Beliau -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
((… ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻳَـﻌِـﺶْ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﺑَﻌْﺪِﻱْ؛ ﻓَﺴَﻴَﺮَﻯ ﺍﺧْﺘِﻠَﺎﻓًﺎ ﻛَﺜِـﻴْﺮًﺍ ، ﻓَﻌَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺴُﻨَّﺘِـﻲْ ﻭَﺳُﻨَّﺔِﺍﻟْـﺦُﻟَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟْﻤَﻬْﺪِﻳِّــﻲَﻦـْ ﺍﻟـﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ ، ﺗَـﻤَﺴَّﻜُﻮْﺍ ﺑِـﻬَﺎ ، ﻭَﻋَﻀُّﻮْﺍ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺑِﺎﻟﻨَّﻮَﺍﺟِﺬِ ، …))
“…Sungguh, orang yang masih hidup di antara kalian sepeninggalku; niscaya ia akan melihat banyak perselisihan, maka, WAJIB ATAS KALIAN UNTUK BERPEGANG TEGUH DENGAN SUNNAH-KU DAN SUNNAH KHULAFA-UR RASYIDIN yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham…”
PRINSIP KETIGA: Ar-Rifqu (berlemah lembut).
Kita harus saling berlemah lembut, dan selalu mengedepankannya. Karena sungguh, Ar-Rifqu adalah asas kebaikan.
Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
(( ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺮِّﻓْﻖَ ﻟَﺎ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﻓِﻲْ ﺷَﻲْﺀٍ ﺇِﻟَّﺎ ﺯَﺍﻧَﻪُ ، ﻭَﻟَﺎ ﻳُﻨْﺰَﻉُ ﻣِﻦْ ﺷَﻲْﺀٍ ﺇِﻟَّﺎ ﺷَﺎﻧَﻪُ ))
“Sungguh, Ar-Rifq (sikap lemah lembut) tidaklah terdapat dalam sesuatu; melainkan akan menghiasinya, dan tidaklah dicabut dari sesuatu; melainkan akan memburukkannya. ”Dan termasuk dari sikap Ar-Rifq (lemah lembut) adalah: memberikan nasehat. Yakni: jika engkau melihat saudaramu berada dalam kesalahan; maka nasehatilah ia, dan do’akan kebaikan untuknya, serta jelaskan bahwa dirinya berada di atas kesalahan.
PRINSIP KEEMPAT: Ar-Rahmah (kasih sayang).
Rasulullah -shallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
(( ﺍﺭْﺣَﻤُﻮْﺍ ﻣَﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻷَﺭْﺽِ؛ ﻳَﺮْﺣَﻤْﻜُﻢْ ﻣَﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ))
“Sayangilah yang ada di bumi; niscaya (Allah) yang ada di (atas) langit akan menyayangimu.
”Maka, kita harus saling menyayangi, dan melihat satu sama lain dengan pandangan kasih sayang.
Ditulis dengan ringkas oleh: Ustadz Ahmad Hendrix Eskanto......
Wallahua'lam bish shawwab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA