KRITERIA MUADZIN


📚 Pelajaran Fiqih

📖

Kriteria muadzin adalah :

1. Muslim
 Adapun  non  muslim,  maka  adzannya  tidak  sah  dengan  kesepakatan ulama‟,  karena  orang  kafir  tidak  diterima  ibadahnya  sehingga  masuk Islam  terlebuh dahulu.

2.  Mumayyiz
Mumayyiz  adalah  bisa  membedakan  antara  manfaat  dan  madharat, maka  anak  kecil  yang  mumayyiz  adzannya  sah,  sekalipun  belum  baligh. Tamyiz  biasanya dimulai sejak anak  berusia  7(tujuh) tahun.

3. Laki-laki Adzan  dan  iqamah  adalah  fardhu  kifayah  bagi  laki-laki,  bukan wanita.  Berdasarkan hadits;  “Tidak ada adzan dan iqamah bagi  para wanita.”  (HR. Baihaqi)

Berkata Syaikh ‟Abdul ‟Aziz bin ‟Abdullah bin  Baz; ”Tidak  disyari‟atkan  bagi  wanita  adzan  dan  tidak  pula  iqamah,  baik ketika  mereka  muqim  (dirumah)  ataupun  dalam  perjalanan.  Adzan  dan iqamah  termasuk  kekhususan  kaum  pria.  Sebagaimana  yang  telah diterangkan  oleh hadits-hadits shahih dari  Rasulullah .” Akan  tetapi  jika  seseorang  wanita  adzan  dan  iqamah  dikalangan mereka  sendiri  tanpa  terdengar  oleh  laki-laki,  maka  hal  itu  tidak mengapa. „Umar  pernah ditanya; “Bolehkah  kaum  wanita  adzan?”  beliau  marah  kemudian  menjawab, “Apakah aku  melarang seorang untuk berdzikir  kepada  Allah?” (HR. Ibnu Abu Syaibah dalam Mushannaf 1/223)

 Imam  Syafi‟i  berkata; ”Wanita  tidak  boleh  mengeraskan  suaranya.  Ia  adzan  dengan  suara  pelan yang  bisa  didengar  sendiri  dan  didengar  oleh  teman-temannya. Demikian juga halnya dengan iqamah.”

4. Seorang yang  Suaranya Bagus Disunnahkan  yang  menjadi  muadzin  adalah  orang  yang  suaranya bagus. Hal  ini berdasarkan hadits dari Abu Mahdzurah;

“Bahwa  Nabi  kagum  dengan  suaranya,  kemudian  beliau mengajarinya  adzan.”  (HR. Ibnu Khuzaimah)  

5. Mengetahui  Waktu
 Seorang  yang  tidak  mengetahui  waktu  shalat,  maka  tidak  boleh melakukan  adzan,  karena  inti  tujuan  adzan  adalah  pemberitahuan  waktu shalat.

 Syaikh  Muhammad  bin  Shalih  Al-Utsaimin  berkata  dalam kitab  Asy-Syarhul  Mumti‟  2/47; ”Muadzin  tidak  berkewajiban  untuk  mengetahui  sendiri  secara  langsung tentang  tibanya  waktu  shalat.  Karena  Ibnu  Ummi  Maktum (salah seorang  muadzin  Rasulullah)  adalah  seorang  yang  buta,  dan  dia  tidak akan  mengumandangkan  adzan  kecuali  setelah  diberitahu  oleh  sahabat yang  lainya  dengan  perkataan,  telah  Shubuh....,  telah Shubuh..... Kisah ini  diriwayatkan oleh Imam  Bukhari.”

 Catatan : Apabila  ada  beberapa  orang  yang  berebut  untuk  menjadi  muadzin, maka  yang  dipilih  adalah  orang  yang  paling  bagus  suaranya, kemudian  paling  bagus  agama  dan  akalnya,  kemudian  orang  yang dipilih  oleh  para  jama‟ah,  kalau  belum  bisa  menentukan  pilihan juga,  maka  diadakan  undian.  Berkata  Syaikh  Muhammad  bin Ibrahim  AtTuwaijiri  dalam Mukhtasharul Fiqhil Islami; ”Bila  ada  dua  orang  atau  lebih  yang  berebut  menjadi  muadzin maka  harus  didahulukan  orang  yang  paling  bagus  suaranya, kemudian  paling  bagus  agama  dan  akalnya,  kemudian  orang  yang dipilih  oleh  para  tetangga  (jama‟ah),  kemudian  diadakan  undian. Dan, boleh saja memilih dua  orang muadzin untuk satu  masjid.”

📕 sumber:Fiqih Seruan Adzan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA