HAL-HAL YANG DISUNNAHKAN BAGI MUADZIN


๐Ÿ“š Pelajaran Fiqih

๐Ÿ“–

 Hal-hal  yang disunnahkan bagi  muadzin adalah :

1. Mengharapkan Wajah Allah  dengan Adzannya Dari  „Utsman bin Abil „Ash , dia  berkata; “‟Wahai  Rasulullah,  jadikanlah  aku  imam  bagi  kaumku.‟  Beliau bersabda,  „Engkau  adalah  imam  mereka.  ikutilah  orang  yang  terlemah diantara  mereka  (jadikan  ia  sebagai  patokan),  dan  angkatlah  muadzin yang tidak  mengambil  upah dari  adzannya.‟”  (HR. Ibnu Majah : 714)  

Berkata  Syaikh  Muhammad  bin  Ibrahim  At-Tuwaijiri  2  dalam Mukhtasharul Fiqhil Islami; ”Hendaknya  muadzin  tidak  menerima  upah  atas  adzannya.  Namun  yang bersangkutan  boleh  menerima  imbalan  yang  diberikan  oleh  baitul  maal umat  Islam  untuk  para  muadzin,  bila  mereka  melaksanakan  tugasnya karena Allah.”

2. Suci dari Hadats Besar dan Hadats Kecil Adzan  merupakan  salah  satu  bentuk  dzikir  kepada  Allah  q,  dan disunnahkan  bagi  orang  yang  berdzikir  untuk  suci  dari  hadats  besar  dan hadats  kecil.  Berdasarkan  hadits  Al-Muhajir  bin  Qunfudz .  Dia mengucapkan  salam  kepada  Nabi  ,  yang  sedang  berwudhu.  Beliau tidak  menjawab  salamnya  hingga  menuntaskan  wudhunya.  Beliau  lalu menjawab dan berkata; “Sesungguhnya  tidak  ada  yang  menghalangiku  untuk  menjawabmu. Hanya  saja  aku  tidak  suka  menyebut  nama  Allah  kecuali  dalam  keadaan suci.”  (HR.  Ibnu Majah : 280)

3. Berdiri  Menghadap Kiblat
Ibnul  Mundzir  berkata; “Telah  disepakati  bahwa  berdiri  saat  mengumandangkan  adzan  termasuk sunnah.  Karena  adzan  tersebut  menjadi  lebih  terdengar.  Dan  termasuk sunnah  adalah  menghadap  kiblat  saat  mengumandangkan  adzan.  Karena para muadzin Rasulullah  dahulu adzan sambil  menghadap  kiblat.”

4.  Menolehkan  Kepala  dan  Leher  ke  Kanan  Saat  Mengucapkan “Hayya  „alash  Shalah”  dan  ke  Kiri  Saat  Mengucapkan  “Hayya  „alal Falah” Ini  adalah  tata  cara  inilah  yang  paling  shahih  dan  tata  cara  inilah yang  dikuatkan  oleh  ulama‟  Iraq  dan  sekelompok  ulama‟  dari  negeri Khurasan.  Hal ini berdasarkan hadits;   “Dia  (Bilal) menggerakkan  lehernya  ke  kanan  dan  ke  kiri  ketika sampai  pada  ucapan  “Hayya  „alash  shalah”  dan  dia  tidak  memutar tubuhnya.”  (HR. Abu Dawud) Muadzin  hanya  menolehkan  kepala  dan  lehernya,  sedangkan  dadanya tetap  menghadap  kiblat  dan  kedua  kakinya  tidak  bergeser  dari  tempat semula.  Ini  adalah  pendapat  Jumhur  ulama‟.

Imam  An  Nawawi  menjelaskan,  disunnahkan  memalingkan  wajah  dalam  hai alatain  ke  kanan  dan ke  kiri.

 Dalam tata  cara  memalingkan  wajah,  yang  mustahab  ada  tiga  cara,  yaitu  :  

a.  Ini  yang  paling  benar  dan  telah  ditetapkan  ahli  Iraq  dan  sejumlah  ahli  Khurasan  (Syafi‟iyyah),  bahwa  memalingkan  ke  kanan  dengan  mengucapkan  hayya  „ala  ash  shalat, hayya  „ala  ash  shalat,  kemudian  berpaling  ke  kiri  dan  mengucapkan  hayya  „ala  al  falah,  hayya „ala  al falah.

 b.  Berpaling  ke  kanan  dan  mengucapkan  hayya  „ala  ash  shalat,  kemudian  kembali  menghadap kiblat,  kemudian  berpaling  ke  kanan  lagi  dan  mengucapkan  hayya  „ala  ash  shalat.  Kemudian berpaling  ke  kiri  dan  mengucapkan  hayya  „ala  al  falah,  lalu  kembali  menghadap  kiblat, kemudian  berpaling  ke  kiri  lagi dan  mengucapkan  hayya  „ala  al falah.

  c.  Pendapat  Al  Qafal,  yaitu  mengucapkan  hayya  „ala  ash  shalat  satu  kali  berpaling  kekanan,  dan satu  kali  berpaling  ke  kiri;  kemudian  mengucapkan  hayya  „ala  al  falah  satu  kali  berpaling  ke kanan  dan  satu  kali  berpaling  ke  kiri.
 Adapun  menggerakkan dada,  maka  tidak  ada  dasarnya  sama  sekali  dalam  sunnah,  sebagaimana disebutkan dalam  Tamamul Minnah.

 5. Memasukkan Dua Jari ke  Dalam Dua Telinga Berdasarkan  hadits dari Abu Juhaifah ia  berkata; َ“Aku  pernah  melihat  Bilal adzan  dan  aku  perhatikan  mulutnya kesana-kemari  dan dua jari-jarinya menutup kedua telinganya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi :  264)

Al-Hafizh  Ibnu  Hajar  Al-Asqalani berkata  dalam  Fathul  Bari 2/115; “Tidak  ada  dalil  yang  menentukan  jari  mana  yang  dimasukkan  kedalam telinga  ketika  adzan.  Namun  Imam  An-Nawawi  telah  menetapkan secara  pasti  bahwa  yang  dimasukkan  kedalam  telinga  adalah  Jari Telunjuk.  Dan  penyebutan  kata  „jari‟  dalam  bahasa  arab  merupakan kiasan dari  ujung jari.” Dan  diantara  para  ulama‟  yang  berpendapat  jari  telunjuklah  yang dimasukkan  kedalam  telinga  adalah;  Hasan  Al-Bashri,  Muhammad  bin Sirin,  Al-Auza‟i,  Sufyan  Ats-Tsauri,  Ahmad,  Ishaq,  Nu‟man,  dan  Ibnul Hasan.  Diantara  faidah  memasukkan  dua  jari  ke  dalam  dua  telinga adalah;  agar  suara  lebih  kuat  dan  keras,  serta  agar  orang  yang  jauh  atau yang tidak  mendengar dapat  mengetahui  bahwa  dia  sedang  adzan.  

6. Mengeraskan Suara  Ketika Menyeru Berdasarkan  sabda  Nabi ; “Tidaklah  jin,  manusia,  dan  yang  lainnya  mendengar  suara  muadzin melainkan akan memberikan kesaksian di hari  Kiamat.”   (HR. Nasa’i  : 625) Kecuali  apabila  dia  adzan  untuk  sendiri  atau  jama‟ah  yang  sudah  hadir saja, maka boleh dengan  tidak  terlalu  mengeraskan suara.

 ⚠ Hal yang  Tidak Boleh Dilakukan

1.  Melagukan adzan yang dapat mengubah bunyi huruf atau harakat atau sukun baik dengan cara mengurangi atau menambah.

2.  Mengeraskan suara saat membaca shalawat kepada Nabi  Shallallahu ‘Alaihi wasallam  setelah adzan

3. Mengucapkan  “aqamahallahu wa adaamaha”   ketika mendengar ucapan “qad qaamatishshalah” dalam iqamah.

๐Ÿ“• Sumber:
Adzan wal Iqamah
Fiqih Seruan Adzan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA