Tujuan Kisah2 Alquran bag 4


Materi Muqaddimah Kisah para Nabi kita lanjutkan

➡ dinukil dari Ust Dadan Ahmad Ramdhan rahimahullah

๐Ÿ“šTujuan Kisah2 Alquran:

d. Menceritakan pertolongan-pertolongan Ilahi terhadap para nabi as dan menekankan realita bahwa peperangan ideologi itu pasti berakhir dengan kemenangan di pihak para penolong Allah. Dengan demikian, para nabi as akan semakin tegar dalam menjalankan missi mereka, dan para pengikut mereka akan lebih bersemangat untuk mengemban missi tersebut.

Realita ini dapat kita renungkan bersama dalam surah al-‘Ankabรปt [29] : 14-16, 28, 34, 37, 38, 39, dan 40.

{ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูƒُูˆู†ُูˆุง ุฃَู†ْุตَุงุฑَ ุงู„ู„َّู‡ِ ูƒَู…َุง ู‚َุงู„َ ุนِูŠุณَู‰ ุงุจْู†ُ ู…َุฑْูŠَู…َ ู„ِู„ْุญَูˆَุงุฑِูŠِّูŠู†َ ู…َู†ْ ุฃَู†ْุตَุงุฑِูŠ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ู‚َุงู„َ ุงู„ْุญَูˆَุงุฑِูŠُّูˆู†َ ู†َุญْู†ُ ุฃَู†ْุตَุงุฑُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูَุขู…َู†َุชْ ุทَุงุฆِูَุฉٌ ู…ِู†ْ ุจَู†ِูŠ ุฅِุณْุฑَุงุฆِูŠู„َ ูˆَูƒَูَุฑَุชْ ุทَุงุฆِูَุฉٌ ูَุฃَูŠَّุฏْู†َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุนَู„َู‰ ุนَุฏُูˆِّู‡ِู…ْ ูَุฃَุตْุจَุญُูˆุง ุธَุงู‡ِุฑِูŠู†َ (14) }
Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikut yang setia itu berkata, 'Kamilah penolong-penolong agama Allah, " lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.

 Yaitu dengan menegakkan agama Allah baik dengan ucapan maupun perbuatan, pada diri dan orang lain. Demikian juga berjihad kepada orang-orang yang menentangnya baik dengan jiwa maupun harta. Termasuk menegakkan agama Allah adalah mempelajari kitabullah dan sunnah Rasul-Nya serta mendorong manusia kepadanya, dan melakukan amr ma’ruf dan nahi munkar.

Selanjutnya, Allah mendorong kaum mukmin untuk mengikuti generasi sebelum mereka yang saleh.

Dengan sebab dakwah.

Mereka (Bani Israil) tidak mau mengikuti dakwah mereka (Nabi Isa dan hawariyyin), sehingga kaum mukmin berjihad melawan orang-orang kafir.

Oleh karena itu, kamu wahai umat Muhammad jadilah penolong agama Allah dan para penyeru kepadanya, niscaya Allah akan menolongmu sebagaimana Dia telah menolong orang-orang sebelummu dan memenangkan mereka terhadap musuh mereka.

In syaa Allah kita lanjutkan.

Barakallahu lii walakum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA