MAKNA LÃ ILÃHA ILLALLÃH

*Pondasi Keislaman Seorang Muslim (3)*
**
❓Soal:
Apa makna Lã Ilãha Illallãh?
Jawab:
Makna Lã Ilãha Illallãh adalah Lã Ma'buda Haqqun Illallãh (tidak ada sembahan yang hak kecuali Allah). Adapun semua sembahan selain Allah sekalipun mereka disembah maka sembahan tersebut adalah batil.
✅Allah Azza wa Jalla berfirman:
{ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِن دُونِهِ هُوَ الْبَاطِلُ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ}
Demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah (sembahan) yang Haq dan bahwasanya apa saja yang mereka sembah selainNya adalah batil, dan sesungguhnya Allah adalah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.
(QS.Al-Hajj:62)
Berkata Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:
ﻭﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﺇﺫا ﺷﻬﺪ ﺃﻧﻪ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﻫﻮ ﻓﻘﺪ ﺃﺧﺒﺮ ﻭﺑﻴﻦ ﻭﺃﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﻣﺎ ﺳﻮاﻩ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﻟﻪ ﻓﻼ ﻳﻌﺒﺪ ﻭﺃﻧﻪ ﻭﺣﺪﻩ اﻹﻟﻪ اﻟﺬﻱ ﻳﺴﺘﺤﻖ اﻟﻌﺒﺎﺩﺓ.
Demikian itu barangsiapa yang bersaksi bahwasanya tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Allah maka berarti dia telah menyampaikan, menjelaskan, dan memberitahukan bahwa selainNya bukankah sembahan sehingga tidak boleh disembah, dan bahwasanya Allah lah satu-satunya sembahan yang berhak diibadahi.
(Majmu Al-Fatawa:14/171)
Oleh karena itu, seorang hamba yang telah mengikrarkan Lã Ilâha Illallãhu maka wajib atasnya mengesakan Allah dalam berbagai bentuk penghambaan dan ibadah kepadaNya serta meninggalkan semua bentuk penyembahan kepada selain Allah baik itu berupa Malaikat, Nabi, Wali, Jin, Berhala, dan semua yang disembah selainNya.
وبالله التوفيق.
Rajab 1439
✍Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
Darul-Hadits Ma'bar-Yaman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

mati karena sesuai dengan kebiasaannya

ILMU TERBAGI MENJADI DUA (ILMU DHARURI DAN ILMU NAZHARI)

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA